Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Travel Gelap Jadi Saingan Bus AKAP Saat Libur Lebaran 2023

Kompas.com - 24/04/2023, 18:31 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Stanly Ravel

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com – Musim libur Lebaran 2023 membuat sejumlah perusahaan otobus (PO) menyibukan diri mengantarkan masyarakat, baik saat arus mudik dan balik.

Kendati PO yang menyediakan layanan bus antarkota antarprovinsi (AKAP) ada beragam, namun peredaran travel gelap yang tanpa izin, masih jadi pesaing utama.

Ketua Dewan Pimpinan Pusat Organda sekaligus Direktur Utama PO Sinar Jaya Teddy Rusli mengatakan, bus dari beberapa PO bus yang ada di terminal bus cukup sepi di musim mudik Lebaran tahun ini.

Baca juga: Duel Suzuki Grand Vitara dan Hyundai Creta [Video]

“Belum lagi banyak moda transportasi gelap yang dulu pakai pelat hitam sekarang pakai pelat putih. Secara kendaraan rental dan grab itu membawa pengaruh selain program mudik gratis. Jadi sekarang itu trennya ke sana sih,” kata Teddy kepada Kompas.com, Minggu (23/4/2023).

Selain menimbulkan persaingan bisnis tidak sehat, menurut Teddy, yang paling mengkhawatirkan travel gelap cukup rawan mengalami kecelakaan.

Namun, mobil-mobil pribadi yang nekat menyamar jadi travel gelap jumlahnya ada banyak, serta punya berbagai cara agar bisa beroperasi tanpa terkontrol oleh Dinas Perhubungan (Dishub).

Marak travel gelap di Kota Semarang, Dishun keluarga imbauanKOMPAS.COM/Muchamad Dafi Yusuf Marak travel gelap di Kota Semarang, Dishun keluarga imbauan

Baca juga: Cek Kondisi Mobil Sebelum Berwisata Usai Lebaran

“Kalau kendaraan pribadi yang menjadi travel gelap itu tidak di KIR. Harusnya minimal di KIR 2 tahun sekali walaupun dipakai untuk angkutan umum sehingga kendaraan terjamin keamanannya. Tapi banyak yang tidak pernah diperiksa oleh teknisi, tidak pernah diperiksa ke bengkel, “ kata Teddy.

Meski demikian, Teddy menegaskan PO Sinar Jaya tetap memiliki pasar dan juga pelanggan setia. Sehingga secara jumlah penumpang, bus AKAP dari PO asal Bekasi itu tidak alami pengurangan penumpang saat momen Lebaran tahun ini.

Warga yang mudik menggunakan bus di Terminal Tipe A Gambut Barakat, Kabupaten Banjar, Kalsel, Kamis (20/4/2023). Istimewa Warga yang mudik menggunakan bus di Terminal Tipe A Gambut Barakat, Kabupaten Banjar, Kalsel, Kamis (20/4/2023).

“Menjaga nama baik perusahaan sangat penting, sehingga bisa menjaga kondisi apapun nama itu penting,” kata Teddy.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com