Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Benar Tempuh Perjalanan ke Luar Kota via Tol Lebih Irit BBM?

Kompas.com - 24/04/2023, 14:12 WIB
Erwin Setiawan,
Stanly Ravel

Tim Redaksi

TANGERANG SELATAN, KOMPAS.com - Perjalan ke luar kota menggunakan mobil bisa dijadikan ajang uji coba seperti apa konsumsi BBM pada suatu mobil.

Mobil yang biasanya hanya digunakan pada rute dalam kota, dengan perjalanan ke luar kota maka jarak tempuh bisa menjadi lebih panjang.

Berdasarkan teori, semakin panjang jarak tempuh mobil seharusnya konsumsi BBM suatu mobil semakin irit.

Karena perhitungan konsumsi BBM pada mobil adalah membagi jarak tempuh dengan BBM yang terpakai.

Baca juga: Waspada Macet, Puncak Arus Balik Mudik Lebaran Dimulai Hari Ini

Ditambah lagi kondisi jalan tol yang lancar tanpa hambatan, mungkin saja membuat mobil dapat melaju lebih ringan sehingga diharapkan menekan konsumsi BBM pada mobil.

Lantas, benarkah perjalanan mudik lewat tol bikin BBM lebih irit?

PT Pertamina (Persero) mengimbau konsumen BBM dapat menggunakan sistem pembayaran nontunai atau cashless agar pelayanan lebih cepat dan efisien.DOK. Humas Pertamina PT Pertamina (Persero) mengimbau konsumen BBM dapat menggunakan sistem pembayaran nontunai atau cashless agar pelayanan lebih cepat dan efisien.

Foreman Nissan Bintaro Ibrohim mengatakan perjalanan mudik menggunakan tol menguntungkan pengguna jalan, khususnya dapat membuat konsumsi BBM lebih irit.

“Bila pengemudi mengerti cara mengemudikan mobil dengan mode ekonomis, maka perjalanan mudik menggunakan tol dapat membuat konsumsi BBM lebih irit, tapi jika pengemudi tidak menerapkan metode yang benar konsumsi BBM sama saja,” ucap Ibrohim kepada Kompas.com, Senin (24/4/2023).

Menurutnya, kondisi jalan tol yang cenderung lebih banyak lancar sehingga dapat meningkatkan efisiensi konsumsi bahan bakar.

Baca juga: Hindari Puncak Arus Balik, Ada Diskon Tarif Tol Mulai 27-29 April 2023

Hasil uji konsumsi BBM Chery Omoda 5Kompas.com/Nanda Hasil uji konsumsi BBM Chery Omoda 5

“Dengan menekan pedal gas sekian derajat saja, atau menjaga putaran mesin berkisar di angka 2.500 rpm dan mengandalkan gigi maksimal, maka konsumsi BBM menjadi lebih irit, ini bisa dilakukan dengan mudah di jalan tol,” ucap Ibrohim.

Namun, jika pengemudi masih saja melakukan kebiasaan buruk dalam mengemudi maka konsumsi BBM yang lebih irit ini sulit tercapai.

Contoh seperti gemar menginjak pedal gas penuh secara spontan dan sering, otomatis konsumsi BBM akan tetap boros. Karena itu sebaiknya dikurangi mengemudikan mobil dengan cara agresif.

Baca juga: Ditambah, Diskon Tarif Tol Arus Balik Berlaku Menerus Semarang-Jakarta

Jasa Marga kembali melakukan pelebaran Jalan Tol Jakarta-Cikampek.Dok. Jasa Marga Jasa Marga kembali melakukan pelebaran Jalan Tol Jakarta-Cikampek.

Jadi, perjalanan mudik lewat jalan tol faktanya dapat membuat konsumsi BBM lebih irit bila kondisi lalu lintas lancar dan pengemudi menerapkan metode eco driving.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com