Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toprak Razgatlioglu Disebut Belum Siap ke MotoGP

Kompas.com - 24/04/2023, 15:21 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

Sumber Crash


JAKARTA, KOMPAS.com - Pengamat MotoGP, Simon Crafar mengatakan Toprak Razgatlioglu belum siap untuk naik ke MotoGP. Kecepatan pebalap asal Turki itu bisa dibilang biasa saja.

Saat tes menggunakan Yamaha M1 di Jerez, Spanyol, pekan lalu, catatan waktu Toprak yaitu 1 detik di belakang test rider Yamaha Cal Crutchlow dan 1,4 detik di belakang test rider KTM Dani Pedrosa.

Baca juga: H+1 Lebaran, Lalu Lintas Kendaraan di Jabodetabek Ramai

Pebalap World Superbike (WSBK) Toprak Razgatlioglu telah menyelesaikan dua hari tes motor balap MotoGP Yamaha YZR-M1 di Sirkuit Jerez, pada tanggal 11-12 April 2023 Dok. Yamaha Racing Pebalap World Superbike (WSBK) Toprak Razgatlioglu telah menyelesaikan dua hari tes motor balap MotoGP Yamaha YZR-M1 di Sirkuit Jerez, pada tanggal 11-12 April 2023

“Semua orang tahu apa itu bakat Toprak. Bakat yang nyata, kemampuan alami, etos kerja," kata Crafar mengutip Crash, Senin (24/4/2023).

Mantan pebalap MotoGP dan WorldSBK itu mengatakan, dia tidak terkesan dengan kecepatan Toprak meski sudah menggunakan motor M1.

“Tapi apa yang saya lihat tidak cukup untuk membuat saya, jika saya adalah Yamaha, mengontraknya. Biasanya pebalap muda tidak lebih lambat dari mantan pebalap yang sekarang menjadi pebalap uji," kata dia.

Baca juga: Tips Aman Berkendara di Malam Hari

Franco Morbidelli saat berlaga pada MotoGP Argentina 2023 di Sirkuit Termas de Rio Hondo@mj_photogp Franco Morbidelli saat berlaga pada MotoGP Argentina 2023 di Sirkuit Termas de Rio Hondo

Memang terlalu dini jika hanya melihat kemampuan Toprak dari satu kali sesi tes di mana dia belum terbiasa dengan motor MotoGP.

Namun, kata Crafar, saat ini Yamaha butuh pebalap yang siap pakai sebab Yamaha cuma punya dua pebalap di lintasan.

“Anda ingin sesuatu yang istimewa segera untuk mendaftarkannya. Yamaha hanya memiliki dua pembalap. Mereka membutuhkan seseorang yang akan segera melompat," kata dia.

“Saya yakin Toprak dapat melakukan pekerjaan itu tetapi dia membutuhkan waktu untuk mengganti ban, mesin, cara berkendara. Saya rasa Yamaha tidak bisa menunggu,” ujar Crafar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Crash
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com