Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 30/03/2023, 18:41 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Motor listrik dari Suzuki yakni e-Burgman akan segera menjalani tes jalan di Tokyo pada April-Juni 2023. Menariknya, unit yang dipakai tes di Jepang memakai model baterai yang bisa diganti, bukan model tanam.

Jadi pada model e-Burgman yang ambil basis dari Burgman Street 125EX ini ada logo Gachaco, platform battery sharing di Jepang. Nantinya, baterai yang digunakan bisa dari Honda Mobile Power Pack e:.

Dikutip dari Autoby, standar ini sudah diatur pada Swappable Batteries Motorcycle Consontium (SBMC) yang diikuti empat pabrikan Jepang, yakni Suzuki, Honda, Kawasaki, dan Yamaha.

Baca juga: Suzuki Resmi Rilis GSX-8S, Harga Tembus Rp 120 Jutaan

Skuter listrik dari Suzuki yang sedang dites, Suzuki e-BurgmanAUTOBY.jp Skuter listrik dari Suzuki yang sedang dites, Suzuki e-Burgman

Tujuan dari tes yang dilakukan Suzuki ini untuk mengumpulkan data soal pengembangan skuter listrik di masa depan. Tempat tes dilakukan di area Jonan, Tokyo, cocok mendapatkan data motor listrik yang digunakan untuk kebutuhan sehari-hari.

Selain itu, stasiun penukaran baterai dari Gachaco juga sudah disiapkan. Ada delapan unit yang dites Suzuki, bisa digunakan juga oleh konsumen motor, tapi jumlahnya memang terbatas.

Baca juga: PO Putra Remaja Luncurkan 6 Unit Bus Baru Buatan Laksana


Soal spesifikasi, e-Burgman memiliki dimensi panjang 1.825 mm, lebar 765 mm, dan tinggi 1.140 mm. Kemudian punya tinggi jok 780 mm dan bobot kendaraan 147 kg.

Tenaga yang dihasilkan dari dinamo adalah 0,98 kW sampai 4 kW (peak) atau setara 1,3 TK sampai 5,3 TK. Torsinya ada di angka 18 Nm dan punya jarak tempuh 44 Km kalau dikendarai konstan dalam kecepatan 60 Kpj.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com