Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Motor Ringkas Harley-Davidson X500 Resmi Meluncur Rp 99 Jutaan

Kompas.com - 20/04/2023, 10:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Motor ringkas kolaborasi Harley-Davidson dengan QJ Motor di China kembali meluncur. Sebelumnya model X350 yang pakai mesin 350cc, kali ini rilis X500 yang lebih gagah.

Dikutip dari Rushlane, motor baru Harley-Davidson dibanderol 44.388 Yuan atau setara Rp 99 jutaan. Ada tiga pilihan warna X500 yang bisa dipilih, yakni Dazzling Black, Vibrant Orange, dan Bright Silver.

Secara tampilan, X500 memang punya bahasa desain yang sangat Amerika. Tapi sebenarnya, X500 ini mengambil basis dari Benelli Leoncino 500, mengingat Benelli juga bagian dari QJ Motor, maka motor ini punya darah Amerika, Italia, dan China.

Baca juga: Render Harley-Davidson Made in India, Desain Lebih Sederhana

Harley-Davidson X500 resmi diluncurkan di ChinaRUSHLANE Harley-Davidson X500 resmi diluncurkan di China

Kalau melihat dari spesifikasi, banyak bagian dari Leoncino 500 yang dipakai oleh Harley-Davidson X500. Misal mesin, 500cc parallel twin dengan pendingin cairan, menghasilkan 46,8 TK di 8.500 RPM dan torsi 46 Nm di 6.000 RPM.

Kemudian di bagian kaki-kaki X500, di depan menggunakan suspensi upside-down 50mm yang juga digunakan di Leoncino 500. Bagian suspensi belakang, memakai monoshock yang juga bisa setel preload dan rebound.

Lalu, di sektor pengereman, memakai cakram ganda di depan dengan ukuran 320mm dengan kaliper 4 piston. Sedangkan di belakang memakai cakram berukuran 260mm dan dilengkapi ABS dual-channel.

Baca juga: Jangan Terlalu Sering Injak Setengah Kopling


Tapi pada bagian sasis, ada sedikit perbedaan di belakang di mana dibuat lebih rata. Sedangkan bentuk tangki BBM X500 mirip Leoncino 500 dengan kapasitas 13 liter.

Secara fitur, X500 dilengkapi dengan lampu depan LED dengan logo Harley-Davidson dalamnya. Begitu juga pada bagian lampu sein yang berbentuk lingkaran, memberi aksen klasik yang kental.

Lalu di bagian instrument cluster, memakai model kombinasi analog dan digital. Posisi berkendara tampak cukup netral, pengemudi lebih rileks dan badan tegak.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com