Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Render Harley-Davidson Made in India, Desain Lebih Sederhana

Kompas.com - 10/04/2023, 03:22 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Harley-Davidson tampak sedang gencar untuk memasuk pasar motor ringkas di berbagai negara. Bahkan untuk bisa masuk dengan mulus, Harley-Davidson melakukan kerja sama dengan produsen motor lokal.

Dikutip dari Rushlane, kerja sama tersebut memang masuk ke strategi global Harley-Davidson. Misal di China dengan QJ Motor, lalu belum lama ini keluar spy shot dari motor kolaborasi Harley-Davidson dan Hero MotoCorp India.

Untuk motor Harley buatan India, mengusung tema neo-retro roadster. Artis render Pratyush Rout membuat beberapa gambaran digital mengenai seperti apa motor buatan India ini nantinya.

Baca juga: Foto Motor Ringkas Kolaborasi Harley-Davidson dan Hero MotoCorp Bocor

Motor ringkas kolaborasi Harley-Davidson dan Hero MotocorpAUTOCAR INDIA Motor ringkas kolaborasi Harley-Davidson dan Hero Motocorp

Secara desain, roadster Harley ini akan lebih tajam daripada Royal Enfield. Kalau dilihat pun, Harley terbaru ini akan memasuki pasar Royal Enfield Classic 350 atau menyasar Honda CB350.

Soal desain, Harley baru ini menerapkan lampu LED berbentuk bulat dengan DRL horizontal. Desain membulat juga masih ditemukan di spion dan model tangki yang seperti diukir, menyambung dengan bangku.

Ditambah di sektor mesin, terpasang engine guard yang rugged atau tangguh kelihatannya. Kemudian terakhir ada bagian knalpot yang agak naik ditambah sepatbor belakang yang cukup pendek.

Baca juga: Lebih Baik Mana, Aki Kering atau Aki Basah?


Soal spesifikasi, Harley baru ini diduga akan mendapatkan mesin berpendingin udara dengan kubikasi 420cc. Kabar lain pun mengatakan kalau ada desain bodi lain yang menyusul, seperti scrambler atau adventure.

Pada sektor kaki-kaki, terlihat di depan memakai suspensi upside-down. Sedangkan suspensi belakang, menggunakan model ganda dengan tabung gas yang tampilannya lebih elegan daripada monoshock.

Motor ringkas kolaborasi Harley-Davidson dan Hero MotocorpAUTOCAR INDIA Motor ringkas kolaborasi Harley-Davidson dan Hero Motocorp

Pelek yang digunakan dual tone, dipadukan dengan cakram ganda di depan dan belakang dari Bybre. Fitur ABS dual-channel diduga akan jadi standar motor baru Harley yang dibuat di India.

Soal kapan peluncurannya, memang masih dalam hitungan bulan, tapi dari spy shot, motor tampak sudah siap produksi. Soal harga, dibanderol sekitar 250.000 Rupee atau setara Rp 47 jutaan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com