Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jajal Mudik Lewat Pantai Selatan Pakai Mitsubishi Pajero Sport

Kompas.com - 19/04/2023, 16:41 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Tampang keren dan bodi jangkung membuat Mitsubishi Pajero Sport banyak "seliweran" di kota-kota besar. Sampai hampir lupa bahwa mobil ini ialah SUV kelas menengah yang tangguh buat diajak kotor.

Setidaknya itu yang Kompas.com dapati saat melakukan perjalanan Merapah Trans-Jawa 2023 Lintas Selatan. Mobil andalan Mitsubishi itu diajak membelah jalur berkelok di sepanjang Jalur Pantai Selatan mulai dari Palabuhan Ratu sampai Pacitan.

Rute Pansela dipilih dianggap kurang populer untuk mudik sebab jalan berkelok-kelok. Padahal di sisi lain Pansela menyimpan potensi kekayaan alam dan kuliner yang menarik.

Baca juga: 35.000 Kendaraan Akan Masuk Kota Bogor pada Lebaran 2023

Dalam perjalanan kali ini ada tiga hal utama yang Kompas.com dapat rasakan dari Pajero Sport Dakar 4x4, yaitu mengenai rasa berkendara, performa, kemampuan off road, fitur.

Mengenai rasa berkendara, ini bukan pertama kali Kompas.com merasakan Pajero Sport. Mitsubishi membenamkan mesin diesel dengan kode 4N15 2.400 cc MIVEC Turbocharger dan Intercooler, yang bersemayam di balik kap.

Berdasarkan data, mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga sebesar 181 ps atau 178,5 tk pada 3.500 rpm dan torsi yang cukup badak, yakni 430 Nm di 2.500 rpm.

Perbandingan Konsumsi BBM Xpander Cross, Pajero Sport dan Triton Jakarta-Palabuhan RatuKompas.com Perbandingan Konsumsi BBM Xpander Cross, Pajero Sport dan Triton Jakarta-Palabuhan Ratu

Secara sensasi tarikan bawahnya tak banyak berbeda dan masih responsif. Posturnya yang bongsor tak mengindikasikan Pajero lemah di putaran bawah, justru sebaliknya.

Ditopang dengan mesin yang memiliki torsi cukup besar, membuatnya mudah untuk melakukan akselerasi dan bergerak lincah di daerah perbukitan di jalur berkelok.

Soal kemampuan off road, pada etape kedua Tim Kompas.com mengunjungi salah satu pantai di wilayah Pangandaran bernama Pantai Karang Tirta. Garis pantainya cukup panjang dan yang menarik mobil boleh masuk ke bibir pantai.

Kesempatan ini tidak bisa disia-siakan karena merupakan salah satu habitat mobil berpenggerak 4x4 untuk bermain.

Kompas.com pergi ke pantai pagi hari setelah pada malam hari kondisi gerimis (12/4/2023). Sehingga pada pagi hari (13/4/2023) kondisi pasir sebetulnya cukup padat namun mulai siang makin gembur.

Untuk menyusuri pantai, pengemudi bisa dengan mudah memilih penggerak hanya dengan memutar kenob di konsol tengah, pengemudi bisa memindahkan penggerak dari 2H, 4H, 4HLC dan 4LLc.

Mitsubishi menyebut fitur ini sebagai Super Select 4W LI. Untuk mengganti menjadi 4H (penggerak empat roda) pengemudi bisa melakukannya saat kendaraan bergerak. Mode penggerak lain (yang lebih rendah) dilakukan saat mobil dalam kondisi diam.

Kompas.com mendapat kesempatan melihat lebih dekat ubahan pada Mitsubishi Pajero Sport Dakar Ultimate 4x4 terbaru. SUV ini mendapat pembaruan di sisi eksterior dan interiorKompas.com/Stanly Ravel Kompas.com mendapat kesempatan melihat lebih dekat ubahan pada Mitsubishi Pajero Sport Dakar Ultimate 4x4 terbaru. SUV ini mendapat pembaruan di sisi eksterior dan interior


Tidak ada kendala berarti saat Pajero Sport melintasi pantai bahkan di beberapa titik pantai yang gembur. Memang mobil sempat terjerembab namun akhirnya bisa keluar dengan sendirinya.

Hadirnya penggerak 4x4 membuat Pajero Sport dengan mudahnya melewati beragam kontur pasir. Tim juga bersenang-senang dengan menekan tombol Traction Control di sisi kanan pengemudi.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com