Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kondisi Lalu Lintas di Sejumlah Ruas Tol dan Non-tol Jawa Tengah

Kompas.com - 19/04/2023, 14:37 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

KENDAL, KOMPAS.com - Rekayasa lalu lintas sistem satu arah atau one way dari Tol Cipali sampai Kalikangkung terus diperpanjang hingga hari ini pukul 24.00 WIB setelah berjalan 24 jam non-stop.

Rupanya, langkah tersebut cukup efektif memperlancar arus mudik yang sampai saat ini masih terpantau ramai di beberapa ruas jalan tol dari arah Jakarta menuju Semarang.

Hasil dari pengamatan Kompas.com dari beberapa CCTV, Rabu siang (19/4/2023) mobil dari arah Jakarta masih memadati beberapa ruas tol seperti Palimanan-Kanci KM 189 tampak intensitas mobil masih tinggi namun selama ini lancar terkendali.

Baca juga: One Way Berlaku Mulai Km 68 Tol Cikampek sampai Kalikangkung

GT Kalikangkung dipadati pengendara dari arah JakartaTangkapan layar GT Kalikangkung dipadati pengendara dari arah Jakarta
GT Kalikangkung dipadati pengendara dari arah JakartaTangkapan layar GT Kalikangkung dipadati pengendara dari arah Jakarta

Justru penumpukan kendaraan terjadi di KM 416 sebelum memasuki gerbang tol Kalikangkung, sampai KM 421 - 430 di ruas tol Krapyak karena di ruas ini sudah tidak berlaku sistem satu arah.

Ketimpangan arus lalu lintas tol Semarang - Solo tampak terlihat jelas, kendaraan yang menuju ke Solo lebih banyak sedangkan yang dari Solo ke arah Semarang tampak lenggang. Kondisi ini memungkinkan bisa saja dilakukan rekayasa lalu lintas sistem satu arah yang lebih panjang atau pemberlakuannya lebih lama.

Sementara itu, jalur non-tol tepatnya di jalur Pantura dari Semarang menuju Jakarta terpantau ramai lancar. Hanya saja pengendara perlu waspada karena permukaan jalan banyak yang tidak rata.

Baca juga: Update One Way Tol Cipali-Kalikangkung Diperpanjang hingga Pukul 24.00 WIB

Arus mudik di tol Krapyak tersendatTangkapan Layar Arus mudik di tol Krapyak tersendat

Sedangkan jalur Pantura dari arah Jakarta tampak ramai lancar dengan pengendara motor yang mendominasi.

Rekayasa lalu lintas pasti akan selalu disesuaikan oleh pihak Kepolisian bila memang dibutuhkan, sehingga tetap perlu mengikuti instruksi petugas yang ada di lapangan. Salah satunya yang saat ini berlaku sistem satu arah berlaku sampai pukul 24.00 WIB sampai gerbang tol Kalikangkung.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
28th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com