Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mobil Listrik Chery Akan Gunakan Baterai Sodium-ion

Kompas.com - 17/04/2023, 19:21 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Chery Auto mengumumkan bahwa pihaknya bekerjasama dengan Contemporary Amperex Technology Co. Limited (CATL). Perusahaan ini yang akan menyuplai baterai untuk mobil listrik Chery.

Dikutip dari Carnewschina.com, Senin (17/4/2023), Chery Auto akan menjadi pabrikan pertama yang akan menggunakan baterai sodium-ion untuk kendaraan listriknya.

Baca juga: Mobil Baru Chery Indonesia Tahun Ini, ada Tiggo 4 dan Omoda 5 BEV

Pada Juli 2021, CATL sudah memamerkan baterai sodium ion dengan kepadatan energi 160 Wh/kg, sedikit di bawah baterai Lithium Ferro Phosphate (LFP). Tapi, baterai sodium ion memiliki banyak keuntungan.

Mobil listrik Chery eQ I ikut pameran IIMS Hybrid 2022 menandai kembalinya merek China ini beroperasi lagi di Indonesia.KOMPAS.com/Ruly Mobil listrik Chery eQ I ikut pameran IIMS Hybrid 2022 menandai kembalinya merek China ini beroperasi lagi di Indonesia.

Baterai jenis ini lebih murah dari segi manufaktur, performanya lebih baik saat temperatur rendah, dan lebih aman. Sehingga, banyak yang menyebutkan baterai sodium ion sebagai baterai masa depan.

Sementara baterai lithium ion memiliki banyak kekurangan, seperti mudah terbakar, menggunakan cobalt dalam produksinya, dan menghasilkan limbah saat diekstrak dari lingkungan.

Baca juga: Dijual Akhir Tahun Ini, Chery Upayakan Omoda 5 BEV Dapat Insentif

CATL bahkan mengumumkan bahwa baterai sodium ion generasi berikutnya bisa melebihi kepadatan energi hingga 200 Wh/kg. Baterai tersebut akan mulai diproduksi secara massal pada 2023.

Ilustrasi baterai sodium-ionDok. Carnewschina.com Ilustrasi baterai sodium-ion

Sebelumnya di 2021, CATL bahkan mengira baterai sodium ion hanya akan digunakan untuk penyimpanan energi dan skuter roda dua. Tapi, pengembangannya berjalan dengan baik dan seiring dengan melambungnya harga lithium di 2022, penggunaan baterai sodium ion tidak bisa dihindari.

Bersama dengan Chery, CATL akan memberi nama untuk merek baterai tersebut dengan ENER-Q.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com