Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bantingan Suspensi Mobil Tidak Stabil, Periksa Komponen Ini

Kompas.com - 17/04/2023, 08:12 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Perjalanan mudik Lebaran 2023 sudah di depan mata. Bagi Anda yang hendak menggunakan mobil pribadi, masih ada kesempatan untuk memeriksa kendaraan sebelum hari keberangkatan.

Salah satu aspek yang penting untuk diperiksa adalah kaki-kaki mobil. Bagaimanapun suspensi dan roda mobil memegang peran krusial dalam menjaga kenyamanan serta keselamatan pengendara.

Suatu kondisi, kaki-kaki mobil bisa menyebabkan kendaraan tidak nyaman dan membahayakan saat digunakan. Seperti bantingan suspensi terasa tidak stabil, sehingga ketika terkena jalanan tidak rata kendaraan terasa ke kanan dan ke kiri.

Baca juga: Solusi Mudah Atasi Bantingan Keras Suspensi Suzuki Katana

Kaki-kaki mobil perlu di cek supaya bisa mengetahui adanya kerusakan. Kompas.com Kaki-kaki mobil perlu di cek supaya bisa mengetahui adanya kerusakan.

Foreman Aha Motor Yogyakarta Aji Dwi Nugroho mengatakan setelah mobil melewati lubang, atau jalan tidak rata, maka akan ada gaya jatuh yang khas, ini yang disebut bantingan suspensi.

“Bila kaki-kaki sudah mengalami kerusakan, bantingan suspensi ini terasa tidak stabil baik roda belakang atau depan terasa goyang ke kanan atau ke kiri, sehingga jika dibiarkan bisa membahayakan terutama ketika sedang melaju dengan kecepatan tinggi,” ucap Aji kepada Kompas.com, Minggu (16/4/2023).

Dia mengatakan salah satu penyebabnya bisa dari bushing link arm yang oblak, bisa karena sudah pecah atau kualitas karet bushingnya lebih lentur dari yang standarnya.

Baca juga: Jajal Impresi Kawasaki KLX230SM, Bantingan Nyaman

Kaki-kaki Suzuki Katana Suzuki Katana Jimny Indonesia (SKIn( Kaki-kaki Suzuki Katana

“Ketika bushing atau karet link arm baik depan atau belakang ini oblak, maka bantingan suspensi akan menjadi tidak stabil, bahkan rasanya seperti ban mobil kempis, kondisi ini tentu akan membuat pengendara tidak percaya diri,” ucap Aji.

Kerusakan bushing link arm ini secara otomatis akan mengubah sudut-sudut roda ketika mobil terkena guncangan dari permukaan jalan.

“Perubahan sudut broda ini lah yang membuat sensasi tidak stabil ketika mobil melewati jalan tidak rata, kondisi seperti ini tidak bisa dibiarkan apalagi sampai mobil digunakan untuk perjalanan jauh seperti mudik,” ucap Aji.

Baca juga: Mengenal Preload, Cara Mengatur Keras Lembut Bantingan Suspensi

perbaikan Kaki-kakiAgus Setiawan perbaikan Kaki-kaki

Dia mengatakan ban kempis juga bisa membuat bantingan suspensi tidak stabil. Seperti yang diketahui ban yang kurang angin memiliki karakter yang tidak kokoh, bisa membuat mobil goyang ke kanan dan ke kiri.

“Bila bantingan suspensi tiba-tiba terasa tidak stabil di perjalanan, sebaiknya segera menepi untuk memeriksa tekanan udara ban pada masing-masing roda,” ucap Aji.

Jadi, ada dua kemungkinan penyebab bantingan suspensi mobil tidak stabil, pertama dari tekanan angin ban yang kurang, selanjutnya dari bushing link arm yang sudah pecah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com