Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER OTOMOTIF] Mobil Mengalami Pecah Ban di Tol, Jangan Langsung Injak Rem | Penjelasan Hyundai Soal Ioniq 5 Dipercepat jika Bayar Lebih Mahal

Kompas.com - 13/04/2023, 06:02 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menyetir mobil pribadi saat mudik memang masih menjadi pilihan utama masyarakat Indonesia. Apalagi sekarang infrastruktur jalan terus berkembang, berbagai wilayah sudah bisa dijangkau lebih cepat.

Tapi saat mudik, ada saja risiko yang bisa terjadi, salah satu yang paling mengerikan adalah ban pecah. Sayangnya ada beberapa penanganan yang salah oleh pengemudi sehingga menyebabkan kecelakaan saat pecah ban.

Tidak jarang kasus ban pecah malah berakibat kecelakaan yang fatal. Pengemudi yang tidak tahu bagaimana cara menangani kondisi darurat tersebut, menyebabkan mobil jadi hilang kendali dan terbalik.

Selain itu,  belum lama ini viral di media sosial soal keluhan konsumen Hyundai yang membeli Ioniq 5. Seperti diketahui, inden mobil listrik tersebut memang cukup lama, tetapi unit bisa dipercepat jika harga yang dibayarkan oleh konsumen lebih mahal dari normalnya.

Hal tersebut seperti yang diceritakan oleh pemain bas dari band Seringai Sammy Bramantyo.Disebutkan bahwa inden Ioniq 5 cukup panjang dengan estimasi enam bulan. Namun, hingga bulan ke-10 masih belum juga diterima unitnya.

Baca juga: Hyundai Stargazer X Bakal Meluncur di GIIAS 2023?

Berikut 5 artikel terpopuler di kanal otomotif pada Rabu, 12 April 2023 :

1. Mobil Mengalami Pecah Ban di Tol, Jangan Langsung Injak Rem

Lalu bagaimana cara menangani mobil yang mengalami pecah ban? Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia Sony Susmana menjelaskan, panik saat mobil alami pecah ban memang manusiawi. Harus ditanamkan operasional yang benar dalam kondisi darurat.

"Kebiasaan yang dilakukan dan salah yaitu mengandalkan rem untuk berhenti dan tidak menguasai teknik dasar saat emergency," ucap Sony kepada Kompas.com, Rabu (12/4/2023).

Baca juga: Mobil Mengalami Pecah Ban di Tol, Jangan Langsung Injak Rem

2. Penjelasan Hyundai Soal Ioniq 5 Dipercepat jika Bayar Lebih Mahal

Hyundai Ioniq 5 meluncur di IIMS Hybrid 2022Kompas.com/Donny Hyundai Ioniq 5 meluncur di IIMS Hybrid 2022

Sammy menyebutkan bahwa dari pihak sales atau diler bisa mempercepat inden Ioniq 5. Akan tetapi, dengan syarat konsumen harus membayar lebih sejumlah uang.

“Gue inden Ioniq 5 udah masuk bulan ke-10 (yang janjinya cuma 6 bulan, belum dapet-dapet sampe sekarang). Tapi kalau gua nambah 50 juta barangnya bisa langsung ada akhir bulan di showroom,” ujar Sammy, dalam unggahannya.

Baca juga: Penjelasan Hyundai Soal Ioniq 5 Dipercepat jika Bayar Lebih Mahal

3. Honda ADV 160 Pakai Baju Baru, Harga Tembus Rp 90 Juta

Honda ADV 160 warna baru Pearl Bosphoruse BlueDok. Great Biker Honda ADV 160 warna baru Pearl Bosphoruse Blue

Boon Siew Honda Singapura, produsen dan distributor sepeda motor Honda di Singapura, baru saja meluncurkan warna baru Honda ADV 160.

Dilansir dari Great Biker (12/4/2023), ADV 160 mendapatkan warna baru Pearl Bosphoruse Blue, yang tampaknya menjadi satu-satunya warna eksklusif buat ADV160 di dunia.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com