Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toprak Razgatlioglu Ingin Pindah Ke MotoGP Tahun Depan

Kompas.com - 07/04/2023, 13:21 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

Sumber Crash

JAKARTA, KOMPAS.com - Juara Dunia WorldSBK 2021, Toprak Razgatlioglu berniat untuk meninggalkan WorldSBK dan pindah ke MotoGP setelah kontraknya dengan Yamaha berakhir akhir musim ini.

Meski demikian pebalap tim Yamaha WorldSBK itu belum bisa bicara banyak soal rencananya. Termasuk kemana dia akan mendekat ke tim mana, sebab saat ini susunan pebalap MotoGP sudah penuh.

Baca juga: Produsen Pelumas Ini Perluas Jaringan Distribusi Penjualan di Indonesia

"Belum ada yang diumumkan, tetapi sekarang saya memiliki impian untuk balapan di MotoGP. Pada 2021 saya adalah Juara Dunia Superbike, sekarang saya melihat MotoGP. Mengapa tidak? Haruskah aku mencobanya di sana?," ujar Toprak dilansir dari Crash, Jumat (7/4/2023).

Pembalap Toprak Razgatlioglu melakukan atraksi Stoppie seusai juara Superpole World Superbike 2022 di Sirkuit Pertamina Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat, Minggu (13/11/2022) siang.KOMPAS.com/SUCI RAHAYU Pembalap Toprak Razgatlioglu melakukan atraksi Stoppie seusai juara Superpole World Superbike 2022 di Sirkuit Pertamina Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat, Minggu (13/11/2022) siang.

Pebalap asal Turki tersebut tahu peluang terbaiknya untuk bergabung dengan MotoGP kemungkinan besar adalah bersama Yamaha.

“Sebagai pebalap Yamaha, saya memiliki peluang terbaik di Yamaha,” kata Toprak.

"Sampai hari ini, mereka memiliki ruang untuk saya di tim pabrikan untuk tahun depan. Jika itu tidak berhasil, kami mungkin akan mencari tim lain," ujar dia.

Saat ini Yamaha hanya bertarung dengan dua motor di MotoGP karena tidak punya tim satelit. Yamaha praktis hanya mengandalkan duet pebalap Fabio Quartararo dan Franco Morbidelli.

Di atas kertas Yamaha akan lebih mempertahankan Quartararo, juara dunia MotoGP 2021. Artinya jika Toprak mengincar kursi Yamaha, maka dia mengincar Morbidelli yang sejak 2021 penampilannya melempem.

Baca juga: Strategi Polda Metro Jaya Atasi Kemacetan di Jakarta

Pebalap Pata Yamaha Prometeon WorldSBK Toprak Razgatlioglu (kanan) memacu kecepatan saat  sesi  balapan WSBK Superpole di Pertamina Mandalika International Street Circuit di KEK Mandalika, Desa Kuta, Kecamatan Pujut, Praya, Lombok Tengah, NTB, Sabtu (4/3/2023). Toprak Razgatlioglu berhasil meraih pole position dalam Tissot Superpole dengan catatan waktu terbaik 1 menit 32.037. disusul posisi kedua ditempati Andrea Locatelli dengan catatan waktu tercepat 1 menit 32.106. disusul Alvaro Bautista di posisi ketiga dengan waktu 1 menit 32.202. ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi/foc.ANTARA FOTO/AHMAD SUBAIDI Pebalap Pata Yamaha Prometeon WorldSBK Toprak Razgatlioglu (kanan) memacu kecepatan saat sesi balapan WSBK Superpole di Pertamina Mandalika International Street Circuit di KEK Mandalika, Desa Kuta, Kecamatan Pujut, Praya, Lombok Tengah, NTB, Sabtu (4/3/2023). Toprak Razgatlioglu berhasil meraih pole position dalam Tissot Superpole dengan catatan waktu terbaik 1 menit 32.037. disusul posisi kedua ditempati Andrea Locatelli dengan catatan waktu tercepat 1 menit 32.106. disusul Alvaro Bautista di posisi ketiga dengan waktu 1 menit 32.202. ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi/foc.

Namun Toprak tidak mau sesumbar. Dia mengatakan jika memang tidak mendapat tempat di tim pabrikan Yamaha maka dia akan mencari tim lain.

“Mungkin saya akan bertahan di Kejuaraan Dunia Superbike. Rencana dan impian saya adalah berjuang untuk gelar MotoGP atau podium. Saya tidak hanya ingin mengendarai motor GP," kata Toprak.

“Saya akan menjadi pebalap Turki pertama di Kejuaraan Dunia MotoGP, tapi itu tidak penting bagi saya. Yang penting saya bisa finis di tiga besar. Saya tahu semua orang di MotoGP sangat kuat dan sangat dekat," kata dia.

Toprak mengatakan, kepindahan ke MotoGP pasti berat. Namun dia akan melakukan segala cara agar bisa berhasil di balapan roda dua paling bergengsi di dunia tersebut.

Baca juga: Isuzu Tawarkan Kendaraan Komersial Siap Pakai

Franco Morbidelli saat berlaga pada MotoGP Argentina 2023 di Sirkuit Termas de Rio Hondo@mj_photogp Franco Morbidelli saat berlaga pada MotoGP Argentina 2023 di Sirkuit Termas de Rio Hondo

“Mungkin tahun pertama saya tidak akan mudah dan saya akan lebih kuat di tahun kedua saya. Saya tidak mengetahuinya. Motor GP sangat berbeda dari Superbike, bannya juga berbeda dan saya harus beradaptasi," kata dia.

"Saat ini saya sedang memikirkan MotoGP untuk tahun depan. Jika itu tidak berhasil, maka topik tertutup untuk saya. Maka saya akan bertahan di World Superbike," ujar Toprak.

Di sisi lain, jika Toprak jadi pindah ke MotoGP maka itu akan menjadi kerugian besar bagi WorldSBK sebab saat ini Toprak merupakan bintang di balapan motor produksi massal tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Crash
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com