Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Purwosari Jadi Lintas Paling Banyak Dituju Peserta Angkut Motor Gratis

Kompas.com - 06/04/2023, 17:21 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) telah menyediakan beberapa program mudik gratis 2023. Salah satunya adalah program angkutan motor gratis (Motis) dengan kereta api.

Pada tahun ini, Kemenhub menyiapkan sebanyak 10.440 slot motor secara gratis dan 46.720 tempat duduk penumpang.

Baca juga: Punya Presdir Baru, Mitsubishi Indonesia Akan Agresif Tahun Ini

Pendaftaran program Motis 2023 sendiri sudah berlangsung sejak 1 Maret 2023 dan akan berakhir pada 3 Mei 2023.

Perserta hanya perlu mendaftar secara daring melalui laman mudikgratis.dephub.go.id, atau daftar secara langsung melalui Posko Motis di beberapa stasiun.

Djarot Tri Wardhono, Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Kereta Api mengatakan, antusiasme peserta sudah sangat tinggi di bulan kedua perdaftaran. 

Suasana pendaftaran Motis di Stasiun Kereta Jakarta Gudang KOMPAS.com/ JANLIKA PUTRI Suasana pendaftaran Motis di Stasiun Kereta Jakarta Gudang

"Per Kamis (06/04/2023),  jumlah kuota motor yang sudah terpakai sebanyak 6.910, terdiri dari 3.529 kuota arus mudik dan 3.381 kuota arus balik. Dengan demikian, kuota motor yang tersisa sebanyak 3.530 dari total kuota yang disiapkan sebanyak 10.440," kata Djarot kepada Kompas.com, Kamis (6/4/2023).

Baca juga: Video Motor Tabrak Mobil Saat Putar Balik, Jangan Main Potong Sembarangan

Djarot juga menyebutkan jumlah kuota tiket penumpang kereta yang sudah terpakai sebanyak 10.194, terdiri dari 5.101 kuota arus mudik dan 5.093 kuota arus balik.

Dari data tersebut, lintas pelayanan Motis 2023 yang paling banyak diminati adalah Lintas Tengah (Jakarta Gudang-Purwosari) dengan pendaftar sebanyak 3.616 motor.

Program Motis 2023 sendiri dilaksanakan untuk menjadi alternatif bagi masyarakat agar tidak melakukan mudik menggunakan sepeda motor.

Booth pendaftaran Motis di Stasiun Kereta Jakarta Gudang KOMPAS.com/ JANLIKA PUTRI Booth pendaftaran Motis di Stasiun Kereta Jakarta Gudang

Sebab kendaraan roda dua seperti motor tidak diperuntukan untuk perjalanan jauh, karena dapat memunculkan beragam resiko seperti kelelahan hingga kecelakaan lalu lintas.

Terlebih pada pelaksanaan mudik Lebaran 2023, diprediksi lebih dari 25 juta masyarakat akan mudik menggunakan motor.

"Oleh sebab itu Pemerintah berupaya untuk menekan pemudik yang menggunakan motor melalui Program Motis 2023. Kami berharap program ini dapat dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat sehingga dapat menekan angka kecelakaan lalu lintas sepeda motor saat mudik nanti," kata Djarot.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com