Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota All New Agya GR Sport Siap Tantang Honda Brio RS

Kompas.com - 06/04/2023, 16:01 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi


BALI, KOMPAS.com – Pasar city car yang sebelumnya dikuasai Honda Brio RS kini bertambah ramai dengan kemunculan All New Agya. Toyota percaya diri bisa merebut pasar mobil kota dengan Agya generasi baru, meski secara harga lebih tinggi dari kompetitornya.

Seperti diketahui, tipe termahal Agya GR Sport menyentuh angka Rp 253,5 juta. Sementara New Honda Brio RS CVT Urbanite Edition dibanderol Rp 243,9 juta. Artinya kedua varian tertinggi ini selisih Rp 9,6 juta.

“Kalau lihat dari produk dan fitur, di luar tune suspension, itu kan banyak fitur tambahan yang sebenarnya memang hanya dimiliki model ini,” ujar Anton Jimmi Suwandy, Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor (TAM) di Bali (5/4/2023).

Baca juga: Banyak WNA Rusia Beli Toyota Agya di Bali Bayar Tunai

Toyota All New Agya GR Sport Dok. TAM Toyota All New Agya GR Sport

“Kami rasa harga segitu harga yang pantas untuk model ini, dengan model baru, platform baru,” kata dia.

Anton mengatakan, harga All New Agya tidak terlampau mahal di kelasnya. Penentuan posisi harga ini merupakan strategi Toyota untuk mengisi kekosongan di rentang harga Rp 200 juta hingga Rp 300 juta.

“Bukan masalah overprice tapi kita memberi pilihan kekosongan di segmen ini. Tapi bukan berarti kita menolak input ya, jadi input-input mengenai harga, mungkin fitur, ini jadi consideration kita ke depannya,” ucap Anton.

Baca juga: Ciri-ciri Penipuan Jual Beli Mobil Bekas, Pelaku Pasti Pakai Kalimat Ini

Ia juga optimistis, All New Agya bisa dipilih konsumen lantaran produk ini baru dan memiliki sesuatu yang berbeda dibandingkan kompetitor.

Sebagai informasi, Agya GR Sport mungkin punya pilihan mesin, transmisi, dan fitur keselamatan berkendara yang sama persis dengan tipe G alias model LCGC.

Begitu juga dengan konstruksi suspensi yang sama dengan tipe E dan G. Namun ada perbedaan signifikan pada setelan suspensinya.

Baca juga: Video Mobil Tabrak Pagar Rumah Tetangga Saat Parkir Mundur

Toyota All New AgyaDok. TAM Toyota All New Agya

Toyota mengklaim suspensi depan dan belakang Toyota Agya GR Sport dibuat lebih rigid 15 persen dibandingkan model standar.

Ini dilakukan dengan pemakaian per dan sokbeker yang dikembangkan khusus demi mereduksi body roll yang terjadi ketika mobil bermanuver.

Selain itu, tipe ini sudah dibekali body kit GR Sport yang terdiri dari bumper depan, belakang, side skirt, dan roof spoiler.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com