Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sepeda Listrik Ofero Hadir di IIMS 2023, Harga Setara PCX

Kompas.com - 21/02/2023, 16:41 WIB
Daafa Alhaqqy Muhammad,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Produk sepeda listrik alias e-bike banyak dihadirkan oleh para eksibitor pada gelaran Indonesia Inernational Motor Show (IIMS) 2023. Fitur dan harganya bervariasi tapi umumnya, hampir semua sepeda listrik memiliki bahasa desain yang serupa.

Mencoba lepas dari stigma desain, produsen e-bike Ofero menghadirkan dua sepeda listrik desain nyentrik dengan nama Ofero Explorer dan Ofero Cruiser. Keduanya dipamerkan di booth ofero di Hall C2 IIMS 2023.

"Untuk dua sepeda ini (Explorer dan Cruiser) memang desainnya unik banget. Kami yakin sepeda listrik ini memiliki target pasarnya," ujar Arliansyah, Marketing Communication Ofero Indonesia, Selasa (21/2/2023).

Berbeda dengan desain konvensional sepeda listrik umum yang nampak seperti versi kecil dari skutik, dua sepeda listrik milik ofero nampak seperti hasil kawin silang antara mountain bike (MTB) dan chopper Harley Davidson.

Baca juga: Menu Sepeda Listrik di bawah Rp 10 juta di IIMS, Ada Yadea dan Keeway

Tampilan baterai Ofero Explorer menyerupai tanki Chopper Harley DavidsonKOMPAS.com/daafa Tampilan baterai Ofero Explorer menyerupai tanki Chopper Harley Davidson

Satu komponen yang nampak menonjol adalah bagian tangki yang ternyata, merupakan komponen baterai. Ofero sengaja mendesain baterai dua sepeda listrik itu menyerupai moge untuk memunculkan kesan gahar dan maskulin.

Ofero sendiri sudah menerima satu pesanan untuk Ofero Cruiser selama gelaran IIMS 2023. Berdasarkan keterangan dari pihak Ofero, konsumen tersebut memang peminat moge dan senang dengan desain yang ada di Ofero Cruiser.

"Kita sudah dapat satu (konsumen) yang pesan Cruiser, dia mengaku suka sekali dengan desainnya. Katanya cocok buat jalan-jalan santai di kawasan PIK (Pantai Indah Kapuk)," ujar Arliansyah.

Dari segi spesifikasi, kedua sepeda listrik ini memiliki desain yang serupa namun peruntukan yang berbeda. Ofero Cruiser dikhususkan untuk bersepeda urban di wilayah perkotaan, sedangkan Ofero Explorer dikhususkan untuk kegiatan yang bersifat off-road.

Baca juga: Dapat Insentif, Pajak Mobil Listrik Hanya 1 Persen?

Shifter Shimano pada sepeda listrik OferoKOMPAS.com/daafa Shifter Shimano pada sepeda listrik Ofero

Ofero Cruiser dibekali dengan motor listrik berkapasitas 700 watt dan kecepatan 30kpj, sedangkan Ofero Explorer memiliki kapasitas motor listrik sebesar 500 watt namun kecepatan maksimalnya adalah 50 kpj.

Kesamaan yang ada di keduanya adalah sama-sama memiliki Shifter Shimano untuk mengoper gigi sepeda, fitur pedal assist, dan jarak tempuh yang serupa yakni sekitar 40 kilometer sampai 50 kilometer.

Untuk banderol harganya, Ofero Explorer dibanderol Rp 19.999.000 dan Ofero Cruiser dibanderol Rp 38.999.000. Harga tersebut sudah termasuk garansi baterai selama 1 tahun dan garansi rangka selama 5 tahun.

 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com