Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Potensi Motor Listrik Rusak kalau Sering Lewat Jalan Berlubang

Kompas.com - 30/03/2023, 09:02 WIB
Daafa Alhaqqy Muhammad,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Selain tidak aman dilewati, jalanan tidak rata atau penuh lubang bisa merusak beberapa komponen motor seperti bearing, pelek, dan ban. Untuk motor listrik, kerusakannya bahkan lebih fatal.

Motor listrik umumnya memiliki penggerak hub-drive, di mana komponen-komponen penting, seperti dinamo dan koil terletak pada ruang khusus pada roda belakang.

Rizal Aliksan, Kepala Bengkel Spesialis Motor Listrik EVCentrum, menjelaskan, jalan berlubang dan tidak rata bisa merusak penggerak hub-drive.

“Bagian hub-drive kan isinya komponen penting seperti magnet, dinamo, dan koil, makanya dia sangat sensitif. Kalau motor menghajar lubang dengan keras, hub-drive bakal mengalami kerusakan dalam,” ujarnya kepada Kompas.com, Kamis (30/3/2023).

Baca juga: Baterai Motor Listrik Akan Distandarkan, Bagaimana yang Sudah Beredar?

Motor listrik konversi menggunakan penggerak Hub-DriveKOMPAS.com/daafa Motor listrik konversi menggunakan penggerak Hub-Drive

Jika terjadi kerusakan, kendala yang akan dialami motor listrik bisa berupa mengadat, tarikan melemah, bahkan motor tidak bisa dijalankan alias mangkrak.

Menurut Rizal, ada dua potensi kerusakan yang bisa terjadi pada hub-drive setelah motor menghantam lubang, yakni koil putus atau magnet terlepas.

Jika koil putus, penanganannya terbilang cukup mudah karena hanya perlu melilit ulang. Kerusakan paling fatal adalah apabila magnet hub-drive terlepas.

“Kalau magnetnya lepas, itu yang fatal karena magnet fix rusak dan membetulkannya sangat sulit. Solusi yang paling masuk akal adalah ganti total, alias beli hub-drive baru,” ujarnya.

Baca juga: Beralih dari Motor Konvensional ke Listrik, Turunkan Gas Rumah Kaca

Jalan Pantura Kendal di Ketapang yang dipenuhi lubang. KOMPAS.COM/SLAMET PRIYATINKOMPAS.COM/SLAMET PRIYATIN Jalan Pantura Kendal di Ketapang yang dipenuhi lubang. KOMPAS.COM/SLAMET PRIYATIN

Rizal menjelaskan, alasan magnet lepas sulit dibetulkan adalah karena suku cadang magnet satuan belum banyak beredar di pasaran.

Supaya hub-drive tidak rusak, pengguna motor listrik disarankan untuk selalu berhati-hati dan menurunkan kecepatan ketika melalui jalanan yang penuh lubang. Jika memungkinkan, sebaiknya motor diupayakan untuk selalu melewati jalanan halus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com