Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Cegah Roda Terkunci Saat Mobil Lama Tak Digunakan

Kompas.com - 24/03/2023, 14:31 WIB
Dicky Aditya Wijaya,
Stanly Ravel

Tim Redaksi

JAKARTA,KOMPAS.com - Sejumlah teori menilai, jika mobil parkir dalam waktu yang lama butuh melepaskan rem tangan. Pasalnya, rem bisa mengunci roda karena kampas yang berkarat. 

Sebagaimana dalam unggahan video @indocarstuff, yan memperlihatkan roda kiri Suzuki Swift tidak berputar sama sekali. Terlihat, roda kanan mobil masih berputar seperti biasa. 

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by SEMUA TENTANG MOBIL INDO ???????? (@indocarstuff)

Kepala Bengkel Nasmoco Janti Yogyakarta Bambang Sri Haryanto mengatakan, ada kemungkinan rem di roda kanan dan kiri menekan tidak seimbang. 

Rem tangan yang dibiarkan aktif dalam waktu lama, membuat sistem mengunci roda. Masalah akan bertambah parah jika mobil jarang digunakan berhari-hari. 

Apalagi bagi mobil yang jarang digunakan setelah dicuci, atau habis melintasi jalan tergenang air

"Rem yang aktif terhubung untuk mengunci roda agar tidak berputar. Karat yang membuat rem tidak bisa dilepaskan. Air kan mengendap, dari bekas air cuci mobil atau genangan banjir di jalan," ucap Bambang kepada Kompas.com, belum lama ini. 

Baca juga: Ketahui Penyebab Pedal Rem Mobil Bergetar Saat Diinjak

Perbaikan rem tromol Nasmoco Perbaikan rem tromol

Bahkan, dalam waktu singkat karat akan menjalar ke rumah tromol rem belakang. Untuk itu, pemilik mobil terkadang perlu melepaskan rem tangan

Menurut Bambang, perawatan khusus bagi mobil yang jarang digunakan juga termasuk salah satu cara menghindari rem bermasalah. 

Contoh, membiarkan rem kering dengan sendirinya saat mobil habis di cuci. Caranya, dengan menjalankan mobil secara terbatas sambil menekan pedal rem. 

Desain carport minimalis modernSpanmor_ Desain carport minimalis modern

"Piringan agar tidak berkarat yang membuat rem macet. Mobil bisa maju, dan mundur beberapa kali. Baik jika dijadikan cara wajib untuk menjaga mobil tetap awet, meski jarang digunakan," kata Bambang. 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com