Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Spesifikasi TVS Ronin 225, Sport Klasik dengan Tampilan Unik

Kompas.com - 08/03/2023, 15:55 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - TVS di India sudah memperkenalkan Ronin 225 sejak Juli 2022. Kabarnya, motor bergaya sport klasik ini juga mau dijual di Indonesia tahun ini.

Mengingat untuk segmen sport motor TVS di Indonesia, bisa dibilang cukup sepi. Cuma ada tiga produk yang ditampilkan di lama resmi TVS Indonesia di segmen sport, yakni Apache RTR, Max, dan Max semi trail.

Untuk Ronin 225, jika benar masuk ke Indonesia tentu akan bersaing langsung dengan Kawasaki W175, Yamaha XSR155, sampai lini produk Benelli Motobi Series.

Baca juga: TVS Siapkan Motor Baru di Indonesia, Model Sport Klasik?

TVS Ronin 225TVSMOTOR.com TVS Ronin 225

Soal spesifikasi, Ronin 225 menggunakan mesin 225,9cc satu silinder berpendingin oli. Mesin tersebut menghasilkan 20,4 PS atau sekitar 20 TK di 7.750 rpm dan torsi 19,93 Nm di 3.750 rpm.

Tenaga tadi disalurkan ke roda belakang lewat rantai dan transmisi manual lima percepatan. Tersedia fitur assist and slipper clutch yang membantu pengendara ketika sedang riding.

Secara desain, Ronin 225 tampilannya cukup gagah. Keunikan bisa dilihat pada lampu depannya yang ada model seperti huruf T, semuanya sudah LED juga yang menambah modern tampilannya.

Baca juga: Mobil Rental Kena Tilang ETLE, Siapa yang Tanggung Jawab?


Kemudian di bagian kaki-kaki, memakai suspensi upside-down di depan dan monoshock di belakang. Pelek yang digunakan juga berukuran 17 inci dengan model alloy 9 spoke.

Fitur yang disematkan pada Ronin 225 ini seperti cakram ganda yang sudah pakai ABS dual channel. ABS ini pun punya dua mode, road dan rain, bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

TVS Ronin 225TVSMOTOR.com TVS Ronin 225

Lalu, instrument cluster dari Ronin 225 ini juga dipasang asimetris, jadi nyentrik. Walau begitu, sudah full LED, ditambah dengan konektivitas ke telepon pintar dengan berbagai fungsi di TVS SmartXonnect.

Motor ini bisa dibilang menarik kalau hadir di Indonesia. Di India, banderol Ronin 225 adalah 149.000 Rupee sampai 169.000 Rupee atau setara Rp 28 jutaan sampai Rp 31 jutaan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com