Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menakar Kemampuan Chery Omoda 5 Usik Pasar Honda HR-V

Kompas.com - 27/02/2023, 14:31 WIB
Stanly Ravel

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Chery Sales Indonesia (CSI) resmi mengumumkan harga Omoda 5. Meski berstatus banderol pre-booking selama IIMS 2023, tapi penawaran yang diberikan cukup jauh dari yang sebelumnya diwacanakan.

Saat berkunjung ke markas besar Chery di Wuhu, China, Presiden CSI Shawn Xu, memberikan estimasi banderol Omoda 5 akan berkisar Rp 380 juta hingga Rp 450 jutaan, tapi ternyata jauh lebih rendah, yakni Rp 328 juta untuk tipe Z dan Rp 398 untuk RZ yang jadi varian tertinggi.

Tak heran dengan model yang futuristik melalui konsep "Art of Motion" serta punya banyak teknologi dan fitur menarik, pemesanan Omoda 5 selama beberapa hari pameran langsung melebihi target yang ditetapkan, yakni 300 unit.

Seperti diketahui, meluncurnya Omoda 5 di Indonesia sekaligus menjadi rival baru bagi Honda HR-V di segmen sport utility vehicle (SUV) segmen B, khususnya versi tertinggi yang sama-sama mengusung mesin 1.500 cc turbo dan punya fitur lengkap.

Baca juga: Ada Wuling Alvez, Siapa SUV Termurah di Indonesia?

All New Honda HR-VHPM All New Honda HR-V

Dibandingkan dari segi performa, dapur pacu HR-V 1.5 turbo mampu menghasilkan tenaga sebesar 174,5 tk dan torsi 240 Nm. Sementara Omoda 5, hanya 108 kw atau setara 145 tk dengan torsi yang beda tipis, yakni 230 Nm.

Meski HR-V lebih bertenaga, namun dengan posisi harga yang lebih bersahabat, Chery Omoda 5 punya peluang kuat untuk menganggu "kue" Honda HR-V.

Apalagi, dengan adanya pilihan tipe Z, meski secara fitur tak selengkap tipe tertinggi, tapi mesin tetap dilengkapi turbo dan harga lebih bersahabat.

Baca juga: Keroyok Honda HR-V!

Termasuk saat dibandingkan tipe S yang jadi varian paling bawah di keluarga HR-V dengan banderol Rp 375,9 juta.

Fitur

Demikian juga ketika disandingkan dengan teknologi dan fitur yang dimiliki, bisa dibilang Omoda 5 punya modal yang kuat menggoda konsumen HR-V.

Hal ini pula yang membuat Chery percaya diri meluncurkan Omoda 5 di Indonesia, dan membidik segmen muda yang menyukai SUV modern dengan teknologi terkini dan berani mencoba produk baru.

Shawn mengatakan, sebelum Omoda 5 diluncurkan, pihaknya sudah melakukan banyak survei internal, baik dari kalangan diler sampai konsumen potensial hingga akhirnya mendapatkan hasil positif.

Baca juga: Suzuki Pede Ignis dan S-Presso Tak Redup di Tengah Dominasi Segmen SUV

Di IIMS 2023, Chery siap boyong Omoda 5KOMPAS.com/ADITYO WISNU Di IIMS 2023, Chery siap boyong Omoda 5

"Kami mendengarkan suara konsumen apa-apa saja yang mereka butuhkan. Kami percaya Omoda 5 akan menghasilkan penjualan yang baik di Indonesia, karena kami punya pelanggan muda yang potensial dan ingin mencoba produk yang berbeda," ucap Shawn, beberapa waktu lalu.

Chery menyematkan advanced driver-assistance system (ADAS) alias teknologi asistensi yang sekaligus menjadi perangkat keselamatan aktif pada Omoda 5.

Fitur-fitur yang disajikan antar lain, blind-spot detection, emergerncy lane keeping, rear cross traffic alert, adaptive cruise control with low speed follow, lane departure warning, autonomous emergency braking, 360 HD panoramic, dan lainnya.

Baca juga: Spesifikasi Lengkap Chery Omoda 5 di Indonesia

Chery Omoda 5 dipamerkan di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023 di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Kamis (16/2/2023). Omoda 5 hadir dalam tiga varian yang masing-masing dibekali mesin berkubikasi 1.500 cc turbo.KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO Chery Omoda 5 dipamerkan di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023 di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Kamis (16/2/2023). Omoda 5 hadir dalam tiga varian yang masing-masing dibekali mesin berkubikasi 1.500 cc turbo.

Dari segi keselamatan, Omoda 5 juga diomodal sistem ABS dan EBD, brake priority system, brake assist system, traction contol, hill-start assist control, hill descent control, electronic stability program, type pressure monitoring, juga auto central locking door.

Sementara HR-V, dilengkapi Honda Sensing yang terdiri dari beberapa fitur seperti, collision mitigation braking system (CMBS), road departure mitigation system (RDM), adaptive cruise control (ACC) with low-speed follow, lane keeping assist system (LKAS), auto high-beam (AHB), serta lead-car departure notificaton system (LCDN).

Meski punya modal kuat untuk bersaing dengan HR-V atau menggangu segmen lainnya, sebagai pendatang baru Chery masih punya beberapa pekerjaan rumah yang harus dituntaskan.

Baca juga: Geber Chery Tiggo 7 Pro Versi PHEV yang Belum Resmi Meluncur

Test Drive All New Honda HR-V RS 1.5 Turbo di Sirkuit Mandalikadok.HPM Test Drive All New Honda HR-V RS 1.5 Turbo di Sirkuit Mandalika

Salah satu yang paling krusial terkait menyakinkan konsumen soal kualitas dan jaminan produk, serta memperbanyak jaringan purnajualnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com