Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Marc Marquez Yakin Suatu Saat Akan Kalah dari Pebalap Muda

Kompas.com - 27/02/2023, 11:42 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Setiap tahunnya, MotoGP kedatangan pebalap-pebalap muda. Marc Marquez yakin dirinya suatu saat bisa dikalahkan oleh para pebalap muda tersebut.

Saat masuk ke MotoGP di 2013, Marquez berusia 20 tahun. Selama ini, dia mendapatkan rekan setim yang lebih tua atau seumuran, yakni Dani Pedrosa, Jorge Lorenzo, dan Pol Espargaro.

Baca juga: Bukti Kejeniusan Marquez, Hafal Sirkuit Hanya dari Suara Laju Motor

Dia pernah memiliki Alex Marquez, adik kandungnya, sebagai rekan setimnya. Tapi, Alex saat itu berstatus rookie dan belum bisa berbuat banyak.

Marc Marquez saat sesi tes resmi di Valencia 2022Dok. HRC Marc Marquez saat sesi tes resmi di Valencia 2022

Untuk musim 2023 dan 2024, Marquez akan satu tim dengan Joan Mir. Mantan pebalap Suzuki ini sekarang berusia 25 tahun, tapi pernah menjadi juara dunia MotoGP 2020.

"Ini adalah hukum kehidupan, Anda akan sampai di masa ketika rekan setim yang lebih muda akan mengalahkan Anda," ujar Marquez, dikutip dari Crash.net, Senin (27/2/2023).

Baca juga: Motor Balap Honda RC213V Marc Marquez Mejeng di IIMS 2023

Marquez mengatakan, di dalam sepak bola, pada menit pertama seseorang bisa dijadikan pemain utama. Tapi, pada menit kedua bisa saja berada di bangku cadangan.

Pebalap Repsol Honda Marc Marquez saat melakukan sesi latihan bebas kedua MotoGP Italia di Sirkuit Mugello, Jumat (27/5/2022). Marquez kini comeback di MotoGP Aragon 2022 di Sirkuit MotorLand Aragon, 16-18 September 2022. (Foto AFP/FILIPPO MONTEFORTE)AFP/FILIPPO MONTEFORTE Pebalap Repsol Honda Marc Marquez saat melakukan sesi latihan bebas kedua MotoGP Italia di Sirkuit Mugello, Jumat (27/5/2022). Marquez kini comeback di MotoGP Aragon 2022 di Sirkuit MotorLand Aragon, 16-18 September 2022. (Foto AFP/FILIPPO MONTEFORTE)

"Tugas saya dan tujuan saya adalah untuk menunda hal tersebut selama mungkin dan hingga bertahun-tahun sebisa saya. Tapi, jelas bahwa ketika Anda memiliki rekan setim seperti Mir yang sudah memenangkan banyak balapan, juara dunia MotoGP dan di Moto3, semua jadi lebih rumit," kata Marquez.

Meski demikian, Marquez mengaku dirinya menerima dengan terbuka kedatangan Mir di Repsol Honda. Walaupun, dia harus bersaing dengan Mir untuk posisi terdepan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com