Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Trik Manjur Wuling Air EV Jadi Mobil Listrik Terlaris Indonesia

Kompas.com - 27/02/2023, 11:22 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Wuling Air EV berhasil menjadi mobil listrik terlaris di Indonesia sepanjang 2022. Penjualan Air EV mengalahkan mobil listrik lain yang saat ini berada di pasar yaitu Hyundai Ioniq 5.

Penjualan Air EV bahkan mengalahkan jajaran mobil hibrida seperti Ertiga Hybrid hingga Toyota Corolla Cross Hybrid. Padahal mobil hibrida dianggap lebih ringkas karena tidak butuh infrastruktur tambahan untuk proses isi daya.

Baca juga: Hindari Debu Rokok saat Berkendara dengan Safety Goggles

Dian Asmahani, Brand & Marketing Director Wuling Motors menjelaskan, proses isi daya merupakan tantangan dalam penjualan mobil listrik. Untuk itu Wuling tak hanya menjual mobil tapi menambahkan paket tambah daya listrik rumah.

Wuling Air EV masih sangat diminati untuk test drive selama IIMS 2023KOMPAS.com/Daafa Wuling Air EV masih sangat diminati untuk test drive selama IIMS 2023

“Jadi setiap pembelian Air EV, konsumen itu sudah mendapatkan kenaikan daya gratis, kemudian pemasangan charging socket yang ada di rumah-rumah," kata Dian yang ditemui awal pekan lalu di IIMS 2023.

"Kenapa? karena konsep produk kita itu mudah mengecas di rumah, salah satu keunggulan, dan salah satu kenapa konsumen juga mau beli Air EV, karena gampang sekali ngecas di rumah,” kata Dian.

Dian menjelaskan, pengecasan mobil listrik di rumah sangat penting sebab tak semua pemilik punya waktu untuk mengecas di Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) yang jumlahnya juga masih belum banyak.

Baca juga: Geber Chery Tiggo 7 Pro Versi PHEV yang Belum Resmi Meluncur

Wuling Air ev, official car partner KTT G20. Dok. Wuling Wuling Air ev, official car partner KTT G20.

“Tergantung, Kalau pakai power socket yang 2.200 itu bisa semalaman dari 0-100 persen, tapi kalau memakai charging kapasitas 7.700 itu bisa 4 jam dari nol ya,” kata Dian.

Dikutip dari data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), Air EV merupakan mobil listrik paling laris di Indonesia. Sepanjang 2022, wholesales Air EV mencapai 8.053 unit yang didominasi tipe long range sebanyak 6.859 unit dan standard range 1.194 unit.

Untuk tipe long range penjualannya terus meningkat dalam lima bulan sejak pertama kali hadir pada Agustus 2022. Mulai dari 648 unit hingga akhirnya menyentuh 2.060 unit pada Desember 2022.

Baca juga: Royal Enfield Luncurkan Blacked Out Interceptor dan Continental 650

Mobil listrik Wuling Air evKompas.com/Adityo Mobil listrik Wuling Air ev

Namun, pada Januari 2023 penjualan Air EV terjun bebas. Penjualan dari pabrik ke dealer hanya 35 unit.

Dian mengatakan hal itu sudah diprediksi sebab pada Januari banyak libur, termasuk libur tahun baru masehi dan Imlek yaitu libur tahun baru China.

Dian mengatakan pihaknya tidak "getol" harus berjualan karena Wuling juga sedang fokus pada peluncuran dua model baru, yaitu Wuling Formo Max pada Januari dan Alvez pada Februari 2023.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com