Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alasan Sepeda Listrik Digemari di IIMS 2023

Kompas.com - 25/02/2023, 16:42 WIB
Daafa Alhaqqy Muhammad,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Di gelaran IIMS 2023, penikmat sepeda listrik semakin meningkat dan cukup bersaing dengan motor listrik. Berdasarkan keterangan dari beberapa eksibitor pameran, penjualan sepeda listrik selama pameran terbilang baik, bahkan melebihi perkiraan awal.

Tingginya minat pengunjung terhadap sepeda listrik dibenarkan oleh Arliansyah, Marketing dari Ofero. Menurutnya, faktor keringkasan adalah pertimbangan utama para konsumen yang memilih sepeda listrik.

Sepeda listrik kan mirip-mirip motor listrik, tapi lebih ringkas dan enggak perlu repot mengurus plat nomor, stnk, dan surat-surat lain seperti motor,” ujarnya pada Kompas.com, Sabtu (25/2/2023).

Hal senada juga diungkapkan oleh Feri, Marketing dari PT Juara Bike (Selis). Ia menjelaskan jika penjualan motor listrik masih kalah dari sepeda listrik di IIMS 2023.

Baca juga: Kemenhub Klaim Infrastruktur Kendaraan Listrik Bukan Masalah

Konsumen mencoba sepeda listrik yang dipamerkan di IIMS 2023Kompas.com/Daafa Konsumen mencoba sepeda listrik yang dipamerkan di IIMS 2023

“Sepeda listrik banyak sekali peminatnya. Per-hari ini saja sudah ada puluhan unit yang terjual untuk 1 varian. Kalau ditotal semua unit, bisa lebih banyak lagi,” ujar Feri.

Menurut Feri ada dua kategori konsumen yang membeli sepeda listrik. Kategori pertama adalah konsumen yang awalnya ragu-ragu membeli tapi kemudian yakin setelah mencoba, dan kategori kedua adalah konsumen yang memang sudah mengincar sepeda listrik sejak awal.

“Ada beberapa (konsumen) yang awalnya ragu-ragu, kemudian saya jelaskan spesifikasi dan kualitasnya baru mereka yakin. Ada juga yang langsung membeli tanpa diskusi panjang,” katanya.

Banyak konsumen yang menaruh minat pada sepeda listrik karena kepraktisannya. Seperti halnya Dita, Mahasiswi asal bandung yang tertarik membeli sepeda listrik sebagai moda transportasi harian untuk bekerja.

"Ada rencana mau beli (sepeda listrik), makanya aku mau lihat-lihat dulu. Kalau sudah punya enak, habis pakai tinggal cas, enggak perlu lagi antri di SPBU," katanya

Baca juga: Fenomena Motor Listrik, Kaum Hawa, dan Transportasi Kompleks Perumahan

Sepeda listrik Ofero tampil di pameran IIMS 2023Dok. Ofero Sepeda listrik Ofero tampil di pameran IIMS 2023

Hal serupa juga diungkapkan oleh Anton. Pria paruh baya asal Kembangan, Jakarta Barat itu membeli satu unit sepeda listrik untuk mengunjungi cucunya di akhir pekan.

Ketika ditanya perihal apakah ada kekhawatiran ketika membeli sepeda listrik, Anton mengaku tidak khawatir sama sekali karena merasa cukup tenang dengan spesifikasi, garansi, dan layanan yang disediakan oleh jenama.

Dirinya juga tidak mau pusing soal purnajual karena sepeda listrik tersebut akan digunakan untuk harian untuk waktu lama.

Di IIMS 2023, jenama kendaraan listrik khususnya sepeda listrik, banyak menawarkan garansi-garansi menarik untuk menggaet sekaligus menjawab kekhawatiran konsumen.

Garansi yang dimaksud berupa garansi rangka, garansi motor (mesin) dan tentunya garansi baterai.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com