Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Solusi Saat Tuas Kap Mesin Mobil Macet, Bisa Diberi Pelumas

Kompas.com - 20/02/2023, 12:12 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Pengunci kap mesin macet biasanya jarang disadari oleh pemilik mobil. Padahal, jika kondisi itu terjadi kap mesin tidak tertutup dengan sempurna.

Kap mesin yang tertutup tidak sempurna bisa terbuka ketika mobil melaju pada kecepatan tertentu. Angin yang bertiup dari depan akan mengangkat kap hingga menutup pandangan pengemudi, itu cukup berbahaya.

Biasanya, tuas kap mesin macet ditandai dengan tidak ada gaya dorong ke atas ketika pembuka ditarik. Untuk membuka harus dibantu dengan tangan, kalau normalnya bisa terangkat sendiri begitu tuas ditarik.

Baca juga: Cara Menutup Kap Mesin yang Benar, Ditekan atau Dibanting?

Dengan menarik tuas kap mesin maka kap mesin akan terbuka dtandai dengan suara, jika tidak ada suara kemungkinan penguncinya macetKompas.com/Erwin Setiawan Dengan menarik tuas kap mesin maka kap mesin akan terbuka dtandai dengan suara, jika tidak ada suara kemungkinan penguncinya macet

Foreman Aha Motor Aji Dwi Nugroho mengatakan, pengunci kap mesin yang macet umumnya terjadi pada mobil yang jarang melakukan perawatan, atau saat perawatan montirnya melewatkan pemeriksaan kap mesin.

“Saat tuas kap mesin ditarik normalnya kap mesin mau membuka berbarengan dengan suara kap mesin terbuka, ada mobil yang ketika tuas kap mesin ditarik kap mesin tidak bersuara atau membuka, ini tanda pengunci kap mesin mengalami macet,” ucap Aji kepada Kompas.com, (18/2/2023).

Dia mengatakan saat melakukan perawatan seharusnya pengunci kap mesin selalu dilumasi agar terhindar dari macet.

Baca juga: Cara Memastikan Kap Mesin Mobil Sudah Tertutup Sempurna

Pengunci kap mesin macet cukup ditetesi pelumas agar dapat bekerja normal kembaliKompas.com/Erwin Setiawan Pengunci kap mesin macet cukup ditetesi pelumas agar dapat bekerja normal kembali

“Caranya mudah, bahkan bisa dilakukan di rumah, cukup meneteskan oli atau sejenisnya ke bagian pengunci kap mesin, maka itu cukup bisa menolong, seharusnya ini bisa dilakukan setiap mobil melakukan perawatan di bengkel,” ucap Aji.

Setelah ditetesi pelumas, kap mesin ditutup dan dibuka beberapa kali sampai pengunci kap mesin bekerja normal kembali.

“Kalau pengunci tidak macet, maka peluang kap mesin menutup tidak sempurna bisa berkurang, karena begitu kap mesin kurang menutup celah kap mesin dengan bodi akan terlihat tidak rata, sehingga penutupan kap mesin bisa langsung diulang,” ucap Aji.

Baca juga: Bahaya jika Kap Mesin Mobil Tidak Tertutup Rapat

Jadi, penting memastikan pengunci kap mesin tidak macet guna menghindari hal-hal yang merugikan pengendara ketika di jalan. Berhubung caranya mudah, pelumasan pengunci kap mesin juga bisa dilakukan dari rumah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com