Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bahaya jika Kap Mesin Mobil Tidak Tertutup Rapat

Kompas.com - 11/02/2023, 19:02 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

TANGERANG SELATAN, KOMPAS.com - Banyak yang tidak sadar bahwa kap mesin mobil memang seharusnya tertutup rapat sebelum digunakan. Pasalnya, bila kap mesin tidak ditutup dengan sempurna bisa membuat celaka bagi pengguna mobil.

Salah satu bahayanya bisa membuat kaca depan mobil pecah, bahkan bisa menyebabkan kecelakaan ketika dalam perjalanan.

Seperti apa bahaya kap mesin mobil yang tidak tertutup dengan rapat?

Baca juga: Menutup Kap Mesin Mobil yang Benar, Dibanting atau Ditekan?

Kaca mobil pecah akibat dilempar orang tak dikenal yang terjadi di wilayah Kabupaten Kediri, Jawa Timur.Dok Anang Kaca mobil pecah akibat dilempar orang tak dikenal yang terjadi di wilayah Kabupaten Kediri, Jawa Timur.

Foreman Nissan Bintaro Ibrohim mengatakan, kap mesin yang tidak tertutup dengan sempurna akan berpotensi terbuka ketika mobil melaju pada kecepatan tertentu.

“Saat kecepatan tinggi, kendaraan akan menerima gaya dorong angin dari depan, sedangkan kap mesin harus ditutup dengan rapat agar aerodinamis kendaraan optimal,” ucap Ibrohim kepada Kompas.com, Sabtu (11/2/2023).

Dia mengatakan pada saat kap mesin tidak menutup dengan sempurna akan terdapat celah di sisi depan mobil antara kap mesin dengan bumper.

Baca juga: Bahaya, Jangan Sampai Tikus Masuk ke Kap Mesin Mobil

Ilustrasi kaca pecah.FREEPIK/RAWPIXEL.COM Ilustrasi kaca pecah.

“Celah itu akan membuat angin masuk dan mengangkat kap mesin yang tertutup tidak rapat, itu bisa menyebabkan kaca pecah dan merusak bodi mobil,” ucap Ibrohim.

Lebih parahnya lagi, menurut Ibrohim ketika kap mesin terbuka maka pandangan pengemudi akan terhalang sehingga berpotensi terjadi kecelakaan.

“Dengan terhalangnya pandangan pengemudi, maka itu berpotensi terjadi kecelakaan, apalagi laju mobil masih cukup tinggi,” ucap Ibrohim.

Baca juga: Memang Pengaruh, Buka Kap Mesin Saat Mobil Mogok?

Kebiasaan membuka kap mesin di rest area dianggap efektif mendinginkan suhu mesinDicky Aditya Wijaya Kebiasaan membuka kap mesin di rest area dianggap efektif mendinginkan suhu mesin

Dia mengatakan kondisi tersebut sering membuat pengemudi panik karena pandangan tiba-tiba gelap karena terhalang kap mesin.

Jadi, penting sekali memastikan kap mesin tertutup dengan sempurna sebelum mobil digunakan untuk menghindari terjadinya kecelakaan di jalan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com