Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Perbaiki Pintu Mobil yang Seret, Bisa Dilakukan Sendiri di Rumah

Kompas.com - 19/02/2023, 11:21 WIB
Erwin Setiawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Membuka dan menutup pintu mobil seharusnya bisa dilakukan dengan sedikit mendorong dengan sedikit tenaga. Namun seiring berjalannya pemakaian, pintu bisa saja menjadi seret atau berat saat membuka dan menutup.

Hal itu tentu saja cukup mengganggu bagi pengguna mobil. Dengan pintu yang berat, pengguna mobil akan kesulitan juga untuk menutup pintu dengan sempurna. Pasalnya, dalam menutup pintu memerlukan bantingan agar tertutup sempurna.

Kalau hanya masalah pintu yang seret, sebenarnya pengguna mobil bisa menangani sendiri tanpa harus datang ke bengkel. Nah, berikut ini cara memperbaiki pintu mobil yang seret.

Baca juga: Pintu Mobil Seret Ketika Terbuka, Kenali Masalahnya

gunakan semprotan silikon untuk melumasi karet jendela mobilKompas.com/Erwin Setiawan gunakan semprotan silikon untuk melumasi karet jendela mobil

Foreman Aha Motor Aji Dwi Nugroho mengatakan, pintu yang seret seharusnya tidak akan terjadi bila mobil rutin melakukan servis atau perawatan.

“Di dalam perawatan berkala, mobil akan dirawat dari semua sisi, tidak hanya di mesin, termasuk pada bagian pemeriksaan semua pintu, jadi ketika ada temuan pintu seret maka pelumasan pastinya dilakukan,” ucap Aji kepada Kompas.com, Sabtu (18/2/2023).

Adapun perawatan pintu yang bisa dilakukan menurut Aji adalah melakukan pelumasan di beberapa titik seperti engsel, dan karet pintu, juga ada penyetelan bila diperlukan.

Baca juga: Ada Fenomena Air Hujan Masuk ke Pintu Mobil, Normal atau Tidak?

Ilustrasi buka pintu mobilDicky Aditya Wijaya Ilustrasi buka pintu mobil

Pintu mobil seret atau berat saat membuka atau menutup bisa disebabkan kurangnya pelumasan pada engsel pintunya, ada dua engsel atas dan bawah pada masing-masing pintu mobil,” ucap Aji.

Dia juga mengatakan pelumasan bisa dilakukan dari rumah, karena termasuk perawatan ringan dan mudah dilakukan.

“Dari rumah bisa, pelumasan bisa menggunakan cairan anti-karat, oli, atau kalau tidak ada bisa menggunakan minyak goreng, buat celah-celah engsel pintu basah lalu pintu digerak-gerakkan agar pelumas meresap sampai ada perubahan,” ucap Aji.

Baca juga: Bahaya Mobil Parkir di Pinggir Jalan, Buka Pintu Mobil Bikin Celaka

Selain pelumasan, Aji mengatakan perawatan pintu mobil yang bisa dilakukan dari rumah adalah melumasi karet pintu.

“Karet pintu bisa dilumasi dengan cairan silikon, agar karet tidak kering, karena kalau sampai kering biasanya bisa menimbulkan bunyi ketika mobil melewati jalan tidak rata,” ucap Aji.

Sedangkan penyetelan agak susah dilakukan dari rumah, harus ke bengkel karena membutuhkan alat khusus dan beberapa metode penyetelan.

Baca juga: Jangan Panik, Ini Cara Buka Pintu Mobil Saat Baterai Remote Habis

“Penyetelan pintu tidak pas juga bisa membuat pintu susah dibuka, terutama saat pintu bersinggungan dengan pengait, saat awal membuka dan akhir menutup pintu,” ucap Aji.

Jadi, perawatan pintu mobil bisa dilakukan dari rumah dengan melakukan pelumasan pada engsel pintu, selebihnya bisa datang ke bengkel untuk memperoleh hasil yang optimal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com