Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Keluar dari Kelas LCGC, Toyota Masih Hitung Harga Agya GR Sport

Kompas.com - 19/02/2023, 12:21 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Toyota Astra Motor (TAM) menyatakan masih menghitung harga jual dari Agya GR Sport, yang saat ini tidak lagi masuk di kelas Low Cost Green Car (LCGC).

Pasalnya, langkah mengeluarkan suatu model tertentu dari segmen LCGC merupakan kali pertama dilakukan pihak perseroan. Apalagi, Agya sudah dikenal selama 10 tahun sebagai mobil murah di Indonesia yang harganya di bawah Rp 200 jutaan.

"Sebenarnya secara spesifikasi sudah kita lakukan di world premiere kemarin walaupun belum detil. Tidak akan lama lagi, persiapannya sudah final," kata Direktur Pemasaran TAM Anton Jimmi Suwandy di IIMS 2023, JIExpo Kemayoran, Jakarta.

Baca juga: Sudah Ada 42 Juta Kendaraan Tertangkap Kamera ETLE

All New AgyaKompas.com/Rully All New Agya

"LCGC rasanya tinggal melihat aturan saja, tak mungkin (harganya) melebihi ketentuan. Tinggal yang non-LCGC saja kita masih hitung harga terbaiknya karena belum final ya. Tentunya, akan kompetitif," lanjut dia.

Apabila melihat pesaing terdekat yaitu Honda Brio RS, mobil kemungkinan berada pada rentang harga Rp 200 juta sampai Rp 250 jutaan. Tapi sekali lagi, Anton masih enggan untuk berbicara lebih jauh soal itu.

Adapun alasan utama perseroan mengeluarkan salah satu varian Agya dari kelas LCGC, karena adanya permintaan pasar. Di mana, cukup banyak yang berharap kehadiran mobil murah tapi juga berperforma.

Baca juga: Pesan Motor Listrik Yadea di IIMS 2023, Kapan Sampai di Rumah?

Toyota All New Agya resmi meluncur di Indonesia, Senin (13/2/2023)KOMPAS.com/ADITYO WISNU Toyota All New Agya resmi meluncur di Indonesia, Senin (13/2/2023)

"Selama ini juga konsumen kalau mau beli hatchback, dari Agya ke Yaris cukup jauh gap nya. Jadi saya rasa, ini good opportunity, apalagi sudah dapat dukungan prinsipal untuk bisa menghadirkan versi GR Sport," kata Anton.

"Jadi tidak hanya kosmetik, tetapi benar-benar dari suspensi, steering, bagus sekali ada penyesuaian. Kalau kita bandingkan GR Sport dengan yang biasa, performanya akan terasa berbeda, gaya berkendaranya. Saya harap produk ini bisa memenuhi ekspektasi konsumen," tambah dia.

Sebelumnya, pihak TAM mengaku masih mengkaji harga terbaik untuk seluruh varian Agya generasi kedua. Dalam waktu dekat, mungkin keputusan tersebut bisa keluar dan diler sudah bisa memasarkannya.

Meski begitu, salah satu tenaga penjual Toyota di Jakarta Timur mengatakan, banderol All New Agya berada di kisaran Rp 180 juta sampai Rp 200 juta untuk tipe tertinggi (GR Sport).

Baca juga: Nonton Konser Musik di IIMS 2023, Ada Dikta dan Yovie & Nuno Hari Ini

“Untuk yang matik estimasi di angka Rp 180 juta, kalau untuk tipe tertinggi sentuh angka Rp 200 juta. Kita sudah open inden, tapi belum keluar harganya. Karena akan masuk antrean lebih dulu,” ucap tenaga penjual Toyota itu kepada Kompas.com, Rabu (15/2/2023).

Hal senada juga diungkapkan oleh tenaga penjual Toyota di Jakarta Barat. Ia mengatakan, All New Agya berada di rentang harga Rp 180 juta sampai Rp 250 juta.

“All New Agya harganya di bawah Rp 250 juta, kisaran Rp 180 juta sampai dengan Rp 250 juta (tipe tertinggi). Booking fee Rp 10 juta,” ucap tenaga penjual tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com