Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Beda Platform, Wuling Alvez Belum Bisa Jadi Kendaraan Listrik

Kompas.com - 19/02/2023, 12:01 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Wuling Alvez jadi salah satu bintang pada ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023. Alvez punya harga jual kompetitif, dengan Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) sekitar 40 persen.

Sport utility vehicle (SUV) ringkas tersebut dapat dipasarkan dengan harga mulai Rp 209 juta sampai Rp 295 jutaan. Lebih murah dibanding Hyundai Creta (Rp 291 jutaan) dan Honda HR-V (Rp 375 jutaan).

Meski demikian, Brand and Marketing Director Wuling Motors Dian Asmahani menyebut bahwa produk terkait tidak bisa langsung dijadikan kendaraan listrik.

Baca juga: Hampir Rampung, IMI Kejar Indonesia Jadi Tuan Rumah Formula 1 di 2024

Kabin Wuling Alvez dipamerkan di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023 di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Kamis (16/2/2023). Alvez punya tiga tipe, yaitu SE seharga Rp 209 juta, tipe CE seharga Rp 255 juta, dan tipe EX seharga Rp 295 juta.KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO Kabin Wuling Alvez dipamerkan di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023 di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Kamis (16/2/2023). Alvez punya tiga tipe, yaitu SE seharga Rp 209 juta, tipe CE seharga Rp 255 juta, dan tipe EX seharga Rp 295 juta.

"Sebab platform untuk kendaraan listrik kami dengan yang internal combustion engine (ICE) itu berbeda," ujarnya dalam konferensi pers di IIMS 2023, Jumat (17/2/2023) lalu.

Sehingga apabila memang pihak Wuling Indonesia meluncurkan Alvez listrik, dipastikan platform yang digunakan akan berbeda. Hal serupa juga dilakukan pada model Almaz, yang telah dihadirkan varian hybrid-nya jelang akhir tahun lalu.

Kendati tidak dijelaskan platform dimaksud, tapi dari data spesifikasi diketahui Almaz hybrid punya banyak perbedaan dari versi konvensionalnya. Sebagai contoh dapur pacu mobil, yang tidak dibekali mesin 1.5 liter turbo melainkan 2.0 liter dengan motor listrik.

"Tapi apakah akan ada produk elektrifikasi lain dengan segmen sejenis yang akan kami keluarkan? Intinya saat ini yang elektrik kita masih fokus ke Air EV," lanjut Dian.

Baca juga: Alasan Jokowi Dinobatkan Sebagai Bapak Otomotif Indonesia

Mesin Wuling Alvez dipamerkan di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023 di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Kamis (16/2/2023). Alvez punya tiga tipe, yaitu SE seharga Rp 209 juta, tipe CE seharga Rp 255 juta, dan tipe EX seharga Rp 295 juta.KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO Mesin Wuling Alvez dipamerkan di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023 di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Kamis (16/2/2023). Alvez punya tiga tipe, yaitu SE seharga Rp 209 juta, tipe CE seharga Rp 255 juta, dan tipe EX seharga Rp 295 juta.

"Untuk platform atau segmen yang lain kita lihat nanti perkembangan market Indonesia untuk pasar kendaraan listrik," tambahnya.

Diketahui, salah satu alasan Wuling meluncurkan Alvez karena melihat generasi muda di dalam negeri yang sudah memasuki pasar otomotif membawa kebutuhan mobilitas yang berbeda dan unik.

Tentunya, hal tersebut berdampak baik pada segmen kendaraan tertentu dan menjadikannya lebih beragam dan tumbuh.

"Untuk menjawab kebutuhan di segmen tersebut, kami mempersiapkan Compact SUV yang akan digemari berkat tampilannya yang atraktif, bodi kompak namun tetap lapang, serta fitur berkendara yang modern," ucap Vice President Wuling Motors Arif Pramadana.

Baca juga: Harga Tiket IIMS 2023 di Hari Minggu, Buka Mulai Jam 10.00 WIB

Wuling meluncurkan Alvez di IIMS 2023, JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Kamis (16/2/2023).KOMPAS.com/Gilang Satria Wuling meluncurkan Alvez di IIMS 2023, JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Kamis (16/2/2023).

Harga bersaing merupakan salah satu strategi yang diterapkan Wuling di berbagai model andalannya, termasuk Alvez yang baru meluncur. Sebab di kelasnya Alvez kini salah satu yang paling murah.

Bahkan, banderol yang ditawarkan Wuling Alves bakal menciptakan disrupsi terhadap persaingan pasar di segmen SUV ringkas saat ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com