Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 16/02/2023, 08:12 WIB
Dio Dananjaya,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023 akan berlangsung pada 16-26 Februari di JIExpo, Kemayoran, Jakarta.

Untuk pertama kalinya, IIMS 2023 menghadirkan satu hall khusus untuk motor listrik. Bahkan, tercatat ada belasan merek sepeda motor listrik yang akan hadir di ajang tersebut.

Mulai Yadea, Utomocorp, Benelli, Alva, Ion Mobility, Smartby, Polytron, Rakata, Selis, United Motor, Gelis, dan Ofero.

Baca juga: Video Viral Mobil Penyok Menabrak Honda Scoopy, Ini Penyebabnya

Motor listrik merek Selis E-MaxKOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Motor listrik merek Selis E-Max

Namun demikian, dari belasan merek motor listrik itu, rupanya Selis jadi motor listrik dengan TKDN Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) paling tinggi di antara merek lainnya.

Dilansir dari situs P3DN yang dikelola Kemenperin (15/2/2023), motor listrik Selis E-Max yang dipegang PT Juara Bike, memiliki nilai TKDN sebesar 53,69 persen.

Motor listrik produksi Tangerang itu telah mengantongi sertifikat TKDN bernomor 5034/SJ-IND.8/TKDN/10/2022.

Baca juga: Toyota Kijang Innova Lawas Tampil Gagah, Siap Diajak Bertualang

“TKDN ini mencapai 53 persen, karena kita pabrik sendiri, jadi kita bisa memproduksi berbagai komponen secara lokal,” ujar Wilson Teoh, Direktur Operasional PT Gaya Abadi Sempurna (Selis), kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

“Ini pun sebenarnya kita yang tertinggi di Indonesia. Jadi itu yang nantinya jadi daya saing kita, baik sebagai pemasok di pemerintahan maupun di swasta,” kata dia.

Wilson juga mengatakan, ada sejumlah kelebihan motor listrik dengan TKDN yang tinggi. Salah satunya soal layanan purnajual yang lebih baik buat konsumen.

“Karena dengan TKDN yang semakin tinggi, purnajual pun semakin terjamin. Karena kita mampu memproduksi ini, tidak impor dulu kalau ada kerusakan dan sebagainya,” ucap Wilson.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com