Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Motor Listrik Selis Klaim Punya TKDN Paling Tinggi di Indonesia

Kompas.com - 28/12/2022, 09:22 WIB
Dio Dananjaya,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.comSelis merupakan salah satu merek kendaraan listrik dalam negeri yang sudah hadir sejak 2011. Awalnya merek ini fokus pada sepeda listrik, namun belakangan Selis juga menjual motor listrik.

Memasuki usia ke 11 tahun, Selis mengklaim jadi motor listrik dengan TKDN (Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) paling tinggi di antara merek lainnya.

“TKDN ini mencapai 53 persen, karena kita pabrik sendiri, jadi kita bisa memproduksi berbagai komponen secara lokal,” ujar Wilson Teoh, Direktur Operasional PT Gaya Abadi Sempurna (Selis), kepada Kompas.com (27/12/2022).

Baca juga: Deretan Mobil yang Disuntik Mati Tahun Ini

Test ride Selis E-Max di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022.KOMPAS.com/Gilang Test ride Selis E-Max di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022.

“Ini pun sebenarnya kita yang tertinggi di Indonesia. Jadi itu yang nantinya jadi daya saing kita, baik sebagai pemasok di pemerintahan maupun di swasta,” kata dia.

Wilson juga mengatakan, ada sejumlah kelebihan motor listrik dengan TKDN yang tinggi. Salah satunya soal layanan purnajual yang lebih baik buat konsumen.

“Karena dengan TKDN yang semakin tinggi, purnajual pun semakin terjamin. Karena kita mampu memproduksi ini, tidak impor dulu kalau ada kerusakan dan sebagainya,” ucap Wilson.

Baca juga: Aksi Sportif PO Haryanto dan Gunung Harta, Pakai Kode Lampu Depan Mati

Sebagai informasi, salah satu motor listrik yang dijual oleh Selis adalah E-Max. Produk ini diklaim jadi model paling diminati saat ini.

Selis E-Max dibekali baterai SLA 60 Volts dengan kapasitas 25 Ah dengan tenaga 1.200 Watt, dengan waktu pengisian daya listrik sekitar 5 jam.

E-Max mampu berlari dengan kecepatan 50 kpj, dan menempuh jarak 120 Km dalam sekali pengisian daya secara penuh, untuk model yang dilengkapi baterai ganda.

Baca juga: Apakah Mobil yang Ditinggal Liburan Harus Lepas Rem Tangan?

Motor listrik merek Selis E-MaxKOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Motor listrik merek Selis E-Max

Motor listrik ini menggunakan dinamo yang terhubung secara langsung di roda sehingga mengurangi peluang kehilangan daya. Sehingga, motor listrik ini memiliki daya angkut mencapai 225 Kg.

Perihal harganya, E-Max dipatok mulai Rp 22 juta untuk yang baterai tunggal dan Rp 28 juta untuk yang dilengkapi baterai ganda.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com