Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Video Wuling Air EV Kuat Saat Melintas di Tanjakan Sitinjau Lauik

Kompas.com - 09/02/2023, 14:01 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ada banyak kekhawatiran mengenai mobil listrik. Salah satunya ialah apakah mobil nol emisi tersebut mampu menanjak. Apalagi untuk mobil listrik mungil semisal Wuling Air EV.

Pertanyaan itu sedikit banyak terjawab lewat video yang viral di media sosial. Seperti video yang diunggah akun Instagram info heboh, yang memperlihatkan kemampuan menanjak Air EV saat di belokan.

Baca juga: Komparasi Baterai dan Jarak Tempuh Hyundai Ioniq 5 Vs Toyota bz4X

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Infoheboh Berita Fakta Media (@infoheboh)

 

Baca juga: Federal Oil Terus Dukung Gresini Racing di MotoGP demi Kesadaran Merek

Jusri Pulubuhu Founder dan Instructor Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC), sebelum melewati jalan curam, pengemudi mesti berkonsentrasi tinggi dan memiliki pengetahuan cukup.

"Sehingga, mereka bisa menekan potensi bahaya seperti mobil kehilangan traksi, mundur, hingga kampas transmisi dan rem hangus. Ini berlaku untuk semuanya," kata Jusri kepada Kompas.com, belum lama ini.

Karena pada dasarnya mobil listrik termasuk Wuling Air EV tidak memiliki transmisi maka ada beberapa catatan, yaitu menggunakan mode sport dan mesti menjaga momentum.

"Saya sarankan pengemudi mode sport, jangan yang biasa," ujar Jusri.

Wuling Air evdok Wuling Wuling Air ev

Tahapannya, jika posisi mobil sedang berhenti di tanjakan, usahakan mengaktifkan parking brake. Jangan hanya mengandalkan rem kaki apa lagi menggantungkan gas.

Pertengahan tahun lalu, Product Planning Wuling Motors Danang Wiratmoko pernah mengklaim, Air EV sanggup melibas wilayah dengan kontur mendaki di wilayah Puncak, Bogor, Jawa Barat.

“Secara kemampuan mobil, kalau tanjakan saya rasa aman dengan kondisi jalan yang sesuai dengan peraturan di Indonesia. Ke Puncak masih aman,” kata Danang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com