Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Honda dan Telkom Berkolaborasi Menghadirkan Dunia Virtual

Kompas.com - 08/02/2023, 18:41 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Beberapa pabrikan sudah mencoba menyambut era metamesta. Salah satunya adalah PT Honda Prospect Motor (HPM) yang bekerja sama dengan PT Telkom Indonesia Tbk, menghadirkan Honda MetaWorld.

Pada platform dunia virtual ini, penggunanya dapat saling terhubung dan berinteraksi selayaknya di dunia nyata. Kolaborasi ini merupakan bagian dari platform metaNesia yang dikembangkan oleh Telkom Indonesia sebagai metamesta pertama dan terbesar di Indonesia.

Honda pertama kali hadir di metaNesia pada tahun 2022, yang membuat HPM pada saat itu tercatat sebagai ATPM pertama di Indonesia yang hadir di metamesta.

Baca juga: Suzuki dan Honda Kompak Kerek Harga Hatchback per Februari 2023

Honda MetaWorld menyajikan konsep showroom mobil virtual yang berbeda dari sebelumnya. Kali ini, Honda menampilkan konsep kota Honda.

Tampilan pada Honda MetaWorldDok. HPM Tampilan pada Honda MetaWorld

Konsep ini dilengkapi juga dengan area permainan yang 60 kali lebih besar dibanding versi sebelumnya, fitur yang lebih atraktif, teknologi yang lebih interaktif, dengan lebih banyak hiburan serta aktivitas di dalamnya.

Honda MetaWorld kini menyediakan lebih banyak area yang bisa dieksplorasi para pengunjungnya termasuk Brio Skate Park, Virtual Stage, Residential Area, Urban Area, dan Test Drive Area, di mana pengunjung dapat mengendarai mobil terbaru Honda WR-V secara virtual.

Avatar yang menjadi representasi virtual para pengunjung di Honda MetaWorld kini dibuat lebih interaktif dengan teknologi Mic and Chat, pilihan gestur dan ekspresi yang lebih bervariasi, serta fitur selfie dimana pengunjung dapat menyimpan foto avatar mereka di berbagai area di Honda MetaWorld.

Baca juga: Honda dan Daihatsu Kompak Kerek Harga LCGC Bulan Ini

Untuk semakin meramaikan Honda MetaWorld, Honda juga berencana untuk menggelar berbagai aktivitas dan permainan seperti kumpul komunitas dan talkshow virtual, kompetisi balap dan masih banyak lagi.

Honda berkolaborasi dengan Telkom menghadirkan dunia virtualDok. HPM Honda berkolaborasi dengan Telkom menghadirkan dunia virtual

Pada Honda MetaWorld, pengunjung juga bisa mencari tahu tentang produk-produk Honda dan mengunjungi situs resmi serta media sosial Honda melalui link yang terdapat di berbagai area di Honda MetaWorld.

Yulian Karfili, Public Relations & Digital Strategy Senior Manager PT HPM, mengatakan, Honda MetaWorld hadir sebagai salah satu inovasi Honda untuk beradaptasi dengan perkembangan teknologi yang dapat mendekatkan diri dengan masyarakat.

"Terutama dari kalangan Gen Z yang merupakan generasi yang lahir di era teknologi digital. Kami berharap kolaborasi ini dapat menjadi inspirasi bagi generasi muda untuk terus mengembangkan kreativitas berbasis digital di Indonesial,” ujar Yulian, dalam keterangan resminya.

Tampilan pada Honda MetaWorldDok. HPM Tampilan pada Honda MetaWorld

David Cuh Sihotang, Product Manager Telkom Indonesia, mengatakan, dukungan kolaborasi antara Telkom dan Honda merupakan sebuah komitmen dalam penerapan teknologi baru seperti metaverse untuk mendukung aktivitas ekonomi kreatif di Indonesia.

"Pembuatan virtual showroom Honda di metaNesia diharapkan bisa meningkatkan minat masyarakat terhadap produk Honda, dan juga melakukan adaptasi pada teknologi baru seperti metaverse,” kata David.

Tampilan pada Honda MetaWorldDok. HPM Tampilan pada Honda MetaWorld

Honda MetaWorld memang menyasar anak muda dan juga para pembeli mobil pertama. Menurut data internal Honda, produk terlarisnya adalah Brio, yang mencapai 50 persen dari total penjualan mobil Honda.

Honda Brio sendiri merupakan model yang ditujukan untuk kalangan anak muda dan sebanyak 70 persen dari total konsumennya merupakan pembeli mobil pertama.

Untuk mengakses Honda MetaWorld, pengunjung dapat mengunduh aplikasi metaNesia di website honda-indonesia.com atau melalui aplikasi Google Play.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com