Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Honda Akan Perluas Penggunaan Mesin Hidrogen, Tak Hanya untuk Mobil

Kompas.com - 04/02/2023, 18:22 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pada 2024, Honda mengumumkan akan meluncurkan Fuel Cell Electric Vehicle (FCEV). Teknologi ini tidak berhenti hanya di mobil, tapi akan diperluas ke sektor lainnya.

Dikutip dari Global.honda, Sabtu (4/2/2023), Honda akan meluncurkan FECV di Amerika Utara dan Jepang pada 2024. Mobil tersebut akan dilengkapi dengan sistem sel bahan bakar generasi mendatang yang dikembangkan bersama GM.

Model FCEV yang dimaksud adalah CR-V, yang produksinya akan dilakukan di Performance Manufacturing Center (PMC) di Marysville, Ohio.

Baca juga: Honda Siap Produksi CR-V Bertenaga Hidrogen

Sementara biaya dan daya tahan dipandang sebagai tantangan khas yang perlu diatasi untuk memfasilitasi penggunaan sistem sel bahan bakar secara luas, sistem sel bahan bakar generasi mendatang ini diklaim akan mengurangi biaya hingga sepertiga dibandingkan dengan biaya sistem sel bahan bakar di Honda Clarity Fuel Cell 2019.

Penggunaan mesin hidrogen Honda akan diperluasDok. Honda Penggunaan mesin hidrogen Honda akan diperluas

Pengurangan biaya yang signifikan ini dicapai dengan berbagai langkah termasuk adopsi bahan inovatif untuk elektroda, kemajuan struktur penyegelan sel, penyederhanaan peralatan pendukung, dan peningkatan produktivitas.

Selain itu, daya tahan sistem menjadi dua kali lipat dengan penerapan bahan tahan korosi dan penekanan kerusakan yang terkendali, dan ketahanan suhu rendah juga meningkat secara signifikan.

Baca juga: Toyota Pamerkan AE86 Lawas Berteknologi Hidrogen dan Listrik

Disebutkan juga bahwa Honda akan menggunakan mesin hidrogen pada kendaraan konstruksi, kendaraan niaga, pembangkit listrik stasioner, dan lainnya. Sehingga, target dari netralitas karbon akan lebih mudah tercapai.

Mesin hidrogen HondaDok. Motor1.com Mesin hidrogen Honda

Untuk kendaraan niaga, selain melakukan penelitian bersama Isuzu Motors Limited, Honda memulai demonstrasi uji mengemudi truk niaga yang dilengkapi dengan sistem sel bahan bakar generasi mendatang bekerja sama dengan Dongfeng Motor Group Co., Ltd.

Untuk diketahui, Honda sudah mengembangkan teknologi mesin hidrogen sejak lebih dari 30 tahun yang lalu. Sejak 2013, Honda juga bekerja sama dengan GM dalam mengembangkan sistem sel bahan bakar generasi mendatang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com