Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ganti Ban Motor di Planet Ban, Jangan Ragu Buat Minta Lagi Ban Bekasnya

Kompas.com - 06/02/2023, 18:33 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pergantian ban kendaraan bermotor, khususnya roda dua secara rutin merupakan salah satu keharusan yang dilakukan guna memastikan penggunaannya tetap optimal.

Namun saat menggantinya walaupun di jaringan toko atau gerai perusahaan besar, ada saja peristiwa tidak menyenangkan yang mungkin dialami.

Sebagai contoh, ban bekasnya langsung ditarik oleh petugas tanpa konfirmasi ulang ke pemilik sebagaimana terjadi kepada salah satu konsumen baru-baru ini. Kala itu, pergantian dilakukan di salah satu gerai milik Planet Ban.

Baca juga: Mobil Pakai Lampu Rem Silau, Ada Ancaman Hukumannya

Beberapa pelanggan tengah mengganti ban kendaraannya di Planet Ban di Pondok Kopi, Jakarta Timur, Jumat (3/11/2017).Fachri Fachrudin Beberapa pelanggan tengah mengganti ban kendaraannya di Planet Ban di Pondok Kopi, Jakarta Timur, Jumat (3/11/2017).

"Kemarin ganti ban Vario di Planet Ban dan bekasnya main ambil aja tidak tanya-tanya lagi," kata dia, Senin (6/2/2023).

Mengenai kejadian tersebut, Public Relation Head Planet Ban Putra Pratama meminta maaf atas ketidaknyamanan tersebut.

Sebab, hal itu tidak sesuai dengan Standar Prosedur Operasi (SOP) perusahaan, yang mana setiap ada tindakan harus melalui konfirmasi atau persetujuan dari konsumen bersangkutan lebih dulu.

"Dari kami, jelas SOP bahwa ban yang akan diganti atau sudah diganti itu masih hak-nya konsumen. Jika konsumen memang memilih ditinggal atau diserahkan ke Planet Ban untuk dijadikan limbah, kita akan take care," katanya saat dikonfirmasi Kompas.com.

Baca juga: Ubahan yang Dilakukan dalam Proses Konversi Motor Listrik

Planet Ban menyediakan jasa servis CVT untuk motor matikIstimewa Planet Ban menyediakan jasa servis CVT untuk motor matik

Sebaliknya, apabila konsumen ingin mengambil lagi dan membawa pulang ban bekas itu setelah diganti baru, pihak Planet Ban memperbolehkannya. Mengingat kepemilikan dari ban bekas masih menjadi punya konsumen.

Tetapi dalam penerapannya memang ada saja human error. Sehingga apabila terdapat konsumen yang mengalami hal serupa bisa segera melaporkan ke pihak Planet Ban melalui customer care 087-000-6055.

"Mungkin dalam penerapannya, ada kekhilafan dari teman-teman di lapangan. Saya mohon maaf. Jadi mungkin bisa dilaporkan ke kami (jika terjadi kasus serupa) untuk segera kami perbaiki ke depannya," ucap Putra.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com