Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apakah Perlu Melakukan Servis Berkala meski AC Mobil Tidak Bermasalah?

Kompas.com - 30/01/2023, 12:12 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - AC mobil memang penting untuk menunjang kenyamanan penumpang selama perjalanan. Sehingga, sistem pendingin kabin ini perlu dijaga agar tetap bekerja prima.

Hanya saja terkadang pemilik mobil lupa melakukan servis AC pada mobil mentang-mentang tidak terjadi masalah di sistem AC. Sehingga tidak jarang masyarakat mengabaikan servis rutin AC mobil.

Nah, jika memang tidak ada masalah, memangnya masih diperlukan servis rutin untuk AC mobil?

Baca juga: Kenali Penyebab AC Mobil Tidak Dingin

Mekanik bengkel resmi Astra Daihatsu Majapahit Semarang sedang melakukan perbaikan AC mobil. Dicky Aditya Wijaya Mekanik bengkel resmi Astra Daihatsu Majapahit Semarang sedang melakukan perbaikan AC mobil.

Service Advisor PT Graha Rajasa Bengkel AC Denso Yogyakarta Andres Siswanto mengatakan servis AC mobil secara rutin tetap dibutuhkan meskipun kondisi AC masih dingin atau bekerja dengan baik.

Servis AC mobil secara rutin itu perlu, minimal setiap mobil menempuh jarak 20.000 Km, itu sistem AC harus diperiksa menggunakan alat ukur biar akurat, kalau hanya menggunakan tangan biasanya tidak begitu terasa perbedaannya,” ucap Andres kepada Kompas.com, Minggu (29/1/2023).

Dia mengatakan dengan mulai menurunnya performa AC maka ada kemungkinan telah terjadi penumpukan kotoran di dalam sistem. Sehingga, bila tidak dibersihkan bisa menimbulkan masalah yang lebih serius.

Baca juga: Cara Mudah Supaya AC Mobil Awet

Mekanik bengkel resmi Nissan Setyabudi Semarang sedang melakukan perbaikan komponen AC mobilDicky Aditya Wijaya Mekanik bengkel resmi Nissan Setyabudi Semarang sedang melakukan perbaikan komponen AC mobil

“Seperti penumpukan kotoran di filter AC, di evaporator, kalau dibiarkan bisa menimbulkan masalah seperti AC menjadi tidak dingin, dan sejenisnya,” ucap Andres.

Hal yang sama juga disampaikan oleh Pemilik Bengkel AC Mobil MF Auto Cool Yogyakarta Fendi. Dia mengatakan evaporator yang lama tidak dibersihkan bisa berlendir dan menyebabkan embusan angin tidak lancar.

“Evaporator sering mengalami penumpukan kotoran, itu akan membuat lendir terkumpul yang menghambat embusan angin,” ucap Fendi kepada Kompas.com, Minggu (29/1/2023).

Baca juga: Kapan Waktu Tepat Ganti Filter Kabin AC Mobil?

Pembongkaran dashboard Kijang Innova untuk servis perawatan AC. Dicky Aditya Wijaya Pembongkaran dashboard Kijang Innova untuk servis perawatan AC.

 

Dia mengatakan sebaiknya AC dilakukan servis atau pembersihan total secara rutin biar tidak terjadi kerusakan yang lebih parah.

“Kotoran di evaporator juga bisa menimbulkan korosi, yang akhirnya berujung keropos atau bocor pada kisi-kisi evaporator, sehingga freon akan berkurang dan menyebabkan AC tidak dingin,” ucap Fendi.

Sehingga, servis rutin AC mobil memang perlu dilakukan untuk menjaga performa dan keawetan AC meski pada saat itu udara yang berembus di dalam kabin masih sejuk.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com