BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Toyota Astra Motor

Mobilitas Masyarakat Kembali Tinggi, Begini Beberapa Cara Sederhana Jaga Kendaraan agar Tetap Prima

Kompas.com - 27/01/2023, 15:03 WIB
Aningtias Jatmika,
Agung Dwi E

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Situasi pandemi Covid-19 yang mereda mendorong pemerintah mencabut kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) pada Jumat (30/12/2022).

Hal itu tertuang dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 53 Tahun 2022 tentang Pencegahan dan Pengendalian Corona Virus Disease 2019 pada Masa Transisi Menuju Endemi.

Sejak pencabutan kebijakan tersebut, kegiatan masyarakat, baik di sekolah maupun perkantoran, kembali seperti sediakala. Mobilitas masyarakat pun kembali tinggi.

Untuk menunjang mobilitas tinggi itu, masyarakat membutuhkan kendaraan, misalnya mobil, dengan performa prima.

Berikut adalah beberapa cara sederhana yang perlu diperhatikan pemilik kendaraan untuk menjaga performa kendaraannya.

1. Gunakan kendaraan secara bijak

Kendaraan terkini telah dirancang dengan sistem dan teknologi terkini agar tangguh dengan mobilitas tinggi. Meski demikian, pemilik kendaraan sebaiknya tetap menggunakan kendaraan secara bijak.

Salah satu caranya adalah dengan mengurangi kecepatan saat melintasi jalan bergelombang dan berlubang. Hal ini perlu dilakukan untuk menjaga kondisi suspensi mobil.

Sebagai informasi, sistem suspensi mobil akan bekerja ekstra untuk meredam guncangan jika pengemudi melewati jalanan tidak rata dengan kecepatan tinggi. Akibatnya, suspensi mobil bisa cepat aus.

Selain itu, pengguna kendaraan sebaiknya tidak membawa muatan, baik penumpang maupun barang, melebihi batas beban tonase. Hal ini dapat membuat mobil bekerja lebih keras.

Kondisi tersebut pun bisa memperpendek usia komponen mesin dan membuat kendaraan lebih boros bahan bakar.

2. Rutin membersihkan bagian eksterior dan interior mobil

Kebersihan kendaraan, baik bagian eksterior maupun interior, memang tidak berkaitan secara langsung dengan performa kendaraan.

Namun, kebersihan kendaraan dapat membuat pengendara dan penumpang merasa nyaman, terlebih ketika berkendaraan dalam waktu lama.

Interior All New Avanza dan Veloz 2021.Kompas.com/Stanly Ravel Interior All New Avanza dan Veloz 2021.

Pembersihan bagian luar mobil dapat dimulai dari bagian bawah pintu, bodi dan kap mobil, hingga sepatbor. Sementara, untuk bagian dalam, pembersihan bisa dilakukan menggunakan kain pembersihan, cairan pembersih, dan penyedot debu.

3. Servis berkala

Servis kendaraan secara berkala merupakan hal yang wajib dilakukan pada kendaraan dengan mobilitas tinggi. Sebab, kualitas komponen kendaraan dapat berkurang seiring dengan intensitas pemakaian yang tinggi. Servis berkala juga dapat mendeteksi kerusakan yang berpotensi memengaruhi kinerja mesin.

Untuk diketahui, servis berkala biasanya mencakup pemeriksaan serta pemeliharaan komponen kendaraan secara menyeluruh.

Beberapa bagian yang diperiksa meliputi mesin, sistem penggerak, sistem kelistrikan, sistem pembakaran, wiper dan washer, sistem rem dan kemudi, serta lampu dan klakson.

Selain itu, pekerjaan utama yang juga dilakukan saat servis berkala adalah mengganti oli mesin. Agar performa mesin tetap prima, pastikan untuk memilih oli asli dan berkualitas, seperti Toyota Motor Oil (TMO) dari PT Toyota Astra Motor (TAM) atau Toyota.

 

Toyota Motor OilToyota Astra Motor Toyota Motor Oil

Untuk diketahui, TMO merupakan genuine oil yang dikeluarkan TAM untuk pasar Indonesia. Seluruh spesifikasi varian TMO ditentukan oleh Toyota Motor Corporation (TMC) Jepang dan telah disesuaikan dengan standar global.

Baca juga: Punya Peran Vital pada Mesin, Pengguna Kendaraan Harus Jeli Pilih Oli Asli

Toyota merekomendasikan penggunaan TMO bagi pengguna mobil Toyota untuk mengoptimalkan kinerja mesin kendaraan, terlebih kendaraan dengan mobilitas tinggi. Pasalnya, formula TMO Lubricant telah disesuaikan dengan kinerja mesin Toyota, termasuk mobil Toyota dengan mesin model terbaru.

Selain itu, TMO juga memiliki Actifilm Technology Double Protector, yakni lapisan membran double protector yang didesain khusus oleh Toyota.

Teknologi tersebut hadir untuk memberikan keseimbangan formula yang optimal. Formula ini berfungsi untuk melindungi bagian mesin, bahkan hingga celah terdalam serta terkecil, dari keausan dan kebocoran. Teknologi Actifilm juga berfungsi sebagai penghancur kerak yang kerap menempel pada dinding mesin.

Di tengah peredaran oli palsu yang marak, Toyota menjamin keaslian produk TMO lewat fitur TMO QR Anti-counterfeit pada kemasan botol oli.

Pelanggan cukup memindai quick response (QR) code pada tutup botol menggunakan smartphone untuk menguji keaslian oli tersebut.

Semua produk oli TMO telah dilengkapi dengan fitur TMO QR Anti-counterfeit yang tersemat pada kemasan botol untuk menjaga keaslian produk. Dok. TAM Semua produk oli TMO telah dilengkapi dengan fitur TMO QR Anti-counterfeit yang tersemat pada kemasan botol untuk menjaga keaslian produk.

TMO juga memiliki fitur ratchet snap system yang menyatukan bagian tutup botol dengan kemasan sehingga kemasan tak dapat kembali digunakan setelah dibuka.

Adapun per Januari 2023, konsumen juga dapat mengecek keaslian produk TMO secara mudah melalui metode congkel, cabut, copot, dan cek (4C).

Baca juga: Waspada, Ini Dampak Penggunaan Oli Palsu pada Kendaraan

Dengan metode tersebut, secara tak langsung, konsumen juga telah membantu mengurangi produk palsu dengan modus penggunaan ulang kemasan.

Varian baru TMO

Sebagai informasi, baru-baru ini, TAM meluncurkan dua varian teranyar TMO, yaitu TMO 0W-16 SN GF-5 (Applicable for SP GF-6) dan TMO LITE 0W-20 SN GF-5. Kedua varian ini pun telah dilengkapi dengan fitur TMO QR Anti-counterfeit dan ratchet snap system.

Peluncuran dua varian baru TMO tersebut merupakan wujud total ownership experience sekaligus memberikan peace of mind bagi pelanggan Toyota di tengah kebutuhan yang kian beragam.

Kedua varian tersebut dibuat dengan menyesuaikan perkembangan teknologi kendaraan Toyota.

Melalui kedua varian baru TMO itu, Toyota berharap dapat memenuhi kebutuhan pelanggan setia Toyota akan kenyamanan berkendara dan menjaga kualitas mesin kendaraan.

TMO 0W-16 SN GF-5 (Applicable for SP GF-6) sendiri merupakan varian tertinggi dari TMO. Produk ini cocok untuk kendaraan terbaru Toyota yang memiliki teknologi mutakhir dan canggih.

Oli TMO 0W-16 SN GF-5 (Applicable for SP GF-6).Toyota Astra Motor Oli TMO 0W-16 SN GF-5 (Applicable for SP GF-6).

Untuk mendukung teknologi tersebut, dibutuhkan oli dengan teknologi terbaru dan tingkat keenceran yang cenderung rendah, seperti TMO 0W-16 SN GF-5 (Applicable for SP GF-6).

TMO 0W-16 SN GF-5 (Applicable for SP GF-6) yang hadir dengan spesifikasi ILSAC GF-6 dapat mendukung penghematan bahan bakar kendaraan, memberikan performa pembersihan dan pencegahan deposit lebih baik, serta cocok untuk mesin teknologi terbaru yang sensitif terhadap deposit atau kotoran.

Baca juga: Marak Beredar Oli Palsu, Berikut Cara Mengetahui Oli Kendaraan yang Asli

Varian tersebut cocok digunakan untuk mesin kendaraan model terbaru, seperti All New Voxy, Camry Hybrid, Raize, dan All New Kijang Innova Zenix.

Sementara itu, TMO LITE 0W-20 SN GF-5 cocok digunakan agar kendaraan lebih ramah lingkungan. Sebab, varian ini dapat memberikan proteksi maksimal pada kendaraan, mendukung penghematan bahan bakar, serta membantu kendaraan untuk menghasilkan emisi lebih rendah.

TMO LITE 0W-20 SN GF-5. Toyota Astra Motor TMO LITE 0W-20 SN GF-5.

Untuk diketahui, TMO LITE 0W-20 SN GF-5 merupakan oli dengan viskositas rendah dan memiliki harga terjangkau. Oli tersebut cocok digunakan untuk kendaraan Toyota dengan kapasitas oli di bawah 3,5 liter, seperti produk low cost green car (LCGC), misalnya Agya dan Calya. Oli ini juga sesuai untuk kendaraan model lain, seperti Avanza, Veloz, Raize, Sienta, Yaris, dan Rush.

Guna memberikan perlindungan optimal pada kendaraan, pelanggan disarankan mengecek buku manual demi memastikan kesesuaian jenis oli yang dibutuhkan kendaraan.

Baca tentang

komentar di artikel lainnya
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com