Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pentingnya Inspeksi dan Garansi Saat Membeli Mobil Bekas

Kompas.com - 27/01/2023, 13:31 WIB
Stanly Ravel

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Pasar mobil bekas menjadi salah satu lahan subur yang sampai saat ini diminati di tengah-tengah harga mobil baru yang setiap tahun mengalami kenaikan harga.

Namun demikian, dalam menentukan dan membeli mobil bekas diperlukan kejelian dalam memilih. Tujuannya untuk memastikan unit dalam kondisi yang masih prima sehingga tak memberikan kerugian di kemudian hari.

Karena itu, Founder dan CEO Otospector Jeffrey Andika mengatakan, pentingnya untuk melakukan inspeksi dari tenaga ahli dan jangan mudah tergoda iming-iming harga murah serta kilometer (km) rendah.

Menurut Jeffrey, mobil dengan km rendah tak menjadi jaminan. Karena bila tidak dirawat dengan baik, akan berimbas terhadap performa dan kerusakan lainnya.

Baca juga: Perhatikan Komponen Ini Saat Beli Xpander Bekas

"Inilah sebabnya membeli mobil bekas perlu dilakukan inspeksi tenaga yang ahli. Fungsinya untuk mengetahui apakah mobil layak kita beli atau tidak. Jangan sampai tergiur oleh tampilan yang bagus namun tidak nyaman ketika dikendarai," ucap Jeffrey dalam keterangan resminya, Jumat (27/1/2023).

Inspeksi pembelian mobil bekasOtospector Inspeksi pembelian mobil bekas

Selain memastikan kondisi mobil bekas yang akan dibeli, tes drive juga perlu dilakukan. Tak kalah penting menyangkut garansi, karena ini berguna memberikan perlindungan terhadap kerusakan yang disebabkan karena pemakaian serta untuk menanggung biaya perbaikan kerusakan yang tidak terduga.

Otospector sebagai layanan penyedia jasa inspeksi dan garansi mobil bekas, tahun ini juga memberikan kejutan baru, yakni garansi dengan gratis layanan darurat 24 jam selama satu tahun.

Layanan darurat 24 jam telah tersedia di seluruh Indonesia dan didukung call center 24 jam penuh, yang meliputi layanan derek, penggantian ban, jumper aki, pengantaran bensin, hingga buka kunci mobil.

Jeffrey mengatakan, metode inspeksi yang dilakukan lebih dari 150 titik dengan cakupan interior, eksterior, mesin, transmisi, indikasi terendam banjir, dan tabrakan besar.

Baca juga: Menilik Harga Jual Kembali Pajero Sport di Bursa Mobil Bekas

Mobil bekas OtospectorOtospector Mobil bekas Otospector

"Mobil yang telah lulus 150 titik inspeksi, kami jamin dengan Garansi Otospector yang memberikan perlindungan berupa jaminan biaya perbaikan saat mesin dan transmisi kendaraan mengalami kerusakan," ujarnya.

Ada empat program garansi bagi konsumen dengan harga yang barvariasi. Keunggulan dari paket garansi Otospector menurut Jeffrey, jaminan lebih dari 100 komponen mesin dan transmisi dengan total klaim hingga Rp 50 juta yang dilengkapi layanan darurat 24 jam dan jaringan bengkel nasional.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com