Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Honda Dibantu Mantan Bos Suzuki, Alex Rins Semakin Optimistis

Kompas.com - 26/01/2023, 10:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Alex Rins masuk ke tim satelit LCR Honda setelah Suzuki memutuskan untuk mundur dari MotoGP. Ternyata, salah satu bos besar di tim balap Suzuki ikut ditarik ke Honda.

Honda Racing Corporation (HRC) kedatangan personil baru, yakni Ken Kawauchi. Mantan bos di tim Suzuki Ecstar ini sebelumnya bertugas sebagai Manajer Teknis selama sepuluh tahun belakangan.

Baca juga: Alex Rins Curi Start Latihan Pakai CBR1000RR-R dan Helm Baru


Kawauchi mengambil peran dari Direktur Teknis yang ditinggalkan oleh Takeo Yokoyama, yang bertanggung jawab dalam teknologi MotoGP di HRC sejak 2016. Kawauchi diminta untuk fokus meningkatkan RC213V versi 2023.

Tim Suzuki Ecstar yang diwakili Alex Rins dan Joan Mir mengaku puas raih posisi 5 dan 6 di MotoGP Mandalika 2022.Dok. Suzuki Tim Suzuki Ecstar yang diwakili Alex Rins dan Joan Mir mengaku puas raih posisi 5 dan 6 di MotoGP Mandalika 2022.

Rins yang pernah bekerjasama dengan Kawauchi seperti mendapat kabar gembira. Menurutnya, Kawauchi memiliki peran penting dalam kesuksesan Suzuki di MotoGP.

"Saya sangat senang mendengarnya. Ken adalah sosok kunci dalam kesuksesan Suzuki, mengembangkan motor, dan memastikan kompetitif hingga lap terakhir," ujar Rins, dikutip dari Speedweek.com, Kamis (26/1/2023).

Baca juga: Alex Rins Khawatir Tak Dapat Komponen Baru seperti Pebalap Pabrikan

Alex Rins curi start latihan dengan Superbike Honda CBR1000RR-R FirebladeInstagram @alerins Alex Rins curi start latihan dengan Superbike Honda CBR1000RR-R Fireblade

Selama Suzuki kembali ke MotoGP pada 2014 hingga 2022, tim pabrikan asal Jepang ini sudah mengoleksi 38 podium dengan tuju kemenangan di antaranya. Meski tidak sebanyak kompetitornya, tapi setidaknya Suzuki sudah berhasil menjadi juara dunia MotoGP pada musim 2020 bersama Joan Mir.

Kawauchi langsung disibukkan dengan jadwal pengetesan yang dilakukan oleh HRC. Belum lama ini, Kawauchi juga hadir dalam sesi tes di Jerez, Spanyol, bersama test rider HRC, yakni Stefan Bradl.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.