Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alex Rins Curi Start Latihan Pakai CBR1000RR-R dan Helm Baru

Kompas.com - 11/01/2023, 07:42 WIB
Dio Dananjaya,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Demi menjaga kebugaran dan mempertajam insting dalam mengendalikan motor balap, sejumlah pebalap memanfaatkan waktu-waktu terakhir sebelum MotoGP musim 2023 bergulir.

Salah satunya seperti yang dilakukan pebalap LCR Honda Alex Rins, dengan berlatih menggunakan superbike standar yang diperbolehkan oleh regulasi.

Mantan pebalap Suzuki itu terlihat curi start latihan menggunakan Superbike Honda CBR1000RR-R yang ia namakan Ramhonda di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia.

Baca juga: Tidak Perlu ke Samsat, Bayar Pajak Kendaraan di Minimarket Juga Mudah

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Alex Rins 42 (@alexrins)

Tak ketinggalan, Rins juga mulai memakai helm baru Scorpion EXO R1, dari sebelumnya pakai merek Nolan.

“Secara pribadi, saya akan mencoba mengembangkan motor dan menjadikannya milik saya. Saya yang pertama ingin menang, meskipun saya di tim satelit,” ujar Rins, dikutip dari PaddockGP (10/1/2023).

Sebagai informasi, pebalap MotoGP diperbolehkan berlatih setiap saat di sirkuit mana pun, kecuali dalam waktu 14 hari sebelum Grand Prix berlangsung di sirkuit tersebut.

Baca juga: Berlaku 1 Februari 2023, Harga B35 Mengikuti Solar

Dalam kasus penggunaan motor 1.000 cc yang secara kubikasi mirip motor MotoGP, latihan hanya dapat digunakan menggunakan sepeda motor yang benar-benar standar.

Dengan pengecualian ubahan pada roda, rem (cakram karbon tidak diperbolehkan), suspensi, ban (komersial), pijakan kaki, setang, dan tuas kontrol.

Termasuk beberapa trim yang mungkin dalam bahan yang berbeda dari standar, tetapi desainnya harus identik dengan aslinya dan bukan merupakan komponen kompetisi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com