Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 25/01/2023, 18:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PO Raya menjadi salah satu operator bus legendaris di Indonesia, bahkan sudah hadir dari 1960-an. Sejak saat itu, PO Raya tetap eksis sampai sekarang dengan menawarkan sensasi naik bus yang unik.

Keunikan dari PO Raya adalah penumpang bisa menikmati duduk di bangku bekas pesawat. Pengalaman seperti ini cuma bisa dirasakan saat menaiki bus PO Raya, tidak ada di bus lainnya.

Bahkan, sampai sekarang masih banyak pelanggan setia PO Raya yang turun-temurun, dari orang tuanya, ke anaknya, sampai ke cucu menaiki bus tersebut.

Baca juga: Begini Sistem Gaji Kondektur di Bus AKAP

Kabin bus AKAP PO Raya dengan bangku bekas pesawatKOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Kabin bus AKAP PO Raya dengan bangku bekas pesawat

Lalu apa saja yang sebenarnya kunci dari kesuksesan PO Raya?

Santo, Mekanik yang sudah bekerja di PO Raya lebih dari 60 tahun menceritakan, tidak ada rahasia yang disimpan. Tetapi, PO Raya terus memberikan pelayanan, kebersihan, dan perawatan kendaraan yang baik.

"Kalau pelayanan, sama seperti bus pada umumnya, ada juga soal kebersihan armada dan perawatan kendaraan," ucap Santo kepada Kompas.com belum lama ini di Solo.

Baca juga: Hitung Gaji Ideal Pegawai yang Mau Membeli Toyota Avanza

Mengenai perawatan, PO Raya memang bisa dibilang sangat apik menjaga unit bus sampai saat ini. Bahkan, jarang ditemui bus PO Raya sedang berhenti di pinggir jalan karena alami masalah atau trouble.

"Di sini memang perawatannya cukup bagus, tiap hari dikontrol, tiap bulan dicek apa yang harus diganti atau diperiksa, itu rutin. Paling penting, pakai spare part yang orisinal," kata Santo.

PO bus yang setia dengan sasis Mercedes Benz ini bahkan masih punya sasis lama dari tahun 2000-an yang masih digunakan sampai sekarang. Terhitung ada sasis Mercedes Benz King 1518 lansiran 2005 yang masih dirawat dan digunakan.

"Tahunnya (sasis bus) kan lama-lama, tapi itu cuma di STNK, onderdilnya semua baru," ucap Santo.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.