Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 25/01/2023, 14:21 WIB
|

TOKYO, KOMPAS.com - Honda Motor Co membuat divisi baru yaitu divisi Operasi Pengembangan Bisnis Elektrifikasi. Sesuai namanya, divisi ini akan bertanggung jawab untuk mengembangkan kendaraan listrik.

Divisi baru ini akan bekerjasama dengan divisi sebelumnya yaitu divisi otomotif, sepeda motor, dan powersports. Dengan melakukan itu, dikatakan akan mempercepat pengembangan kendaraan listrik.

Baca juga: Ide Modifikasi Bolt-On Honda Dax 125 dari Kitaco

Mengutip Carcsoops, divisi Operasi Pengembangan Bisnis Elektrifikasi akan resmi diumumkan pada April 2022. Honda menginvestasikan 5 triliun yen atau setara Rp 567 triliun untuk pengembangan divisi baru ini.

Honda Motor Co membuat divisi baru yaitu divisi Operasi Pengembangan Bisnis Elektrifikasi.Foto: Carscoops.com Honda Motor Co membuat divisi baru yaitu divisi Operasi Pengembangan Bisnis Elektrifikasi.

Honda mengatakan divisi ini akan langsung bekerja untuk mengembangkan model-model elektrifikasi. Rencana besarnya akan ada 30 kendaraan listrik yang akan dijual di seluruh dunia pada tahun 2030.

Salah satu dari 30 kendaraan listrik tersebut ialah dua model mobil yang dikembangkan bersama dengan GM untuk pasar AS pada 2024. Kemudian 10 mobil listrik baru untuk China pada tahun 2027.

Honda juga mengatakan berencana mengembangkan platform khusus untuk kendaraan listrik jadi tidak memakai platfrom mobil bensin, yang disebut Honda e:Architecture dan mulai diluncurkan pada 2026.

Honda sangat optimistis bisnis mobil listrik atau kendaraan listrik bakal besar di masa depan. Pabrikan asal Jepang itu menargetkan volume produksi mobil listrik tahunan sebesar 2 juta kendaraan per tahun pada 2030.

Baca juga: Hitung Gaji Ideal Pegawai yang Mau Membeli Toyota Avanza

Honda WR-VKompas.com/Donny Honda WR-V

Selain itu, Honda mengumumkan akan mengkonsolidasikan operasi regional globalnya menjadi tiga wilayah. Pertama mencakup Amerika Utara, dan kedua yaitu China dan sekitarnya.

Adapun wilayah ketiga menggabungkan Jepang, Asia & Oseania, Amerika Selatan, dan Eropa, serta Afrika dan Wilayah Timur Tengah.

Pembagian wilayah ini merupakan strategi pembagian model. Di mana masing-masing wilayah bisa punya model kendaraan listriknya sendiri.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Sumber Carscoops
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.