Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Honda dan GS Yuasa Kerjasama Bikin Baterai Kendaraan Listrik

Kompas.com - 24/01/2023, 17:41 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Tiap pabrikan dan produsen komponen pendukungnya banyak bekerjasama untuk menuju era elektrifikasi. Kolaborasi juga dilakukan oleh Honda Motor Co. Ltd dan GS Yuasa.

Pabrikan mobil dan produsen aki tersebut bekerjasama untuk membuat baterai kendaraan listrik. Kedua perusahaan disebutkan sudah mencapai kesepakatan tersebut.

Baca juga: Tonton Aksi Juara Dunia F1 2022 Nyetir Honda HR-V Hybrid


Honda dan GS Yuasa akan mengembangkan baterai lithium-ion dengan kapasitas tinggi dan output yang besar. Keduanya akan melakukan joint venture pada akhir 2023.

Test drive Honda CR-V e:HEV alias CR-V HybridKompas.com/Adityo Test drive Honda CR-V e:HEV alias CR-V Hybrid

Kedua perusahaan menyebutkan sudah mencapai kesepakatan untuk bekerja menuju penelitian bersama dan pengembangan baterai lithium-ion.

Selain itu, metode produksi baterai yang akan sangat kompetitif di pasar global, serta pembentukan rantai pasokan untuk bahan baku utama dan sistem produksi baterai.

Toshihiro Mibe, Director, President and Representative Executive Officer of Honda Motor Co., Ltd., mengatakan, Honda berusaha mewujudkan netralitas karbon untuk semua produk dan aktivitas perusahaan yang melibatkan Honda pada tahun 2050.

Baca juga: Honda WR-V Kantongi 5 Bintang ASEAN NCAP


"Honda dan GS Yuasa telah bekerja sama dalam baterai lithium-ion untuk hybrid electric vehicle (HEV), dan kolaborasi baru ini akan semakin mempercepat kinerja Honda. Strategi elektrifikasi menuju pencapaian tujuan netralitas karbon kami," ujar Mibe, dalam keterangan resminya.

Honda HR-V e:HEVheadlightmag.com Honda HR-V e:HEV

Osamu Murao, President and Representative Director of GS Yuasa International Ltd., mengatakan, GS Yuasa telah menghadapi tantangan untuk menciptakan teknologi energi sambil mengumpulkan berbagai pengetahuan dan keahlian yang terkait dengan baterai.

"Melalui kolaborasi baru dengan Honda ini, kami akan berkontribusi pada penyebaran kendaraan listrik lebih lanjut, menawarkan kenyamanan dan ketenangan pikiran yang lebih baik kepada pelanggan di seluruh dunia dan berusaha menciptakan nilai baru untuk mewujudkan netralitas karbon," kata Murao.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.