Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 22/01/2023, 13:41 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Ducati Lenovo Team sempat membocorkan nomor balap dari salah satu pebalap andalannya, Francesco Bagnaia akan berganti dari 63 menjadi nomor 1 untuk seri balap MotoGP 2023.

Keputusan tersebut diberikan kepada sang juara dunia MotoGP 2022 melalui situs resmi tetapi kemudian ditarik kembali. Sebab, pengumumannya baru akan resmi diluncurkan pada esok hari, ada pukul 10.30 waktu Italia.

Tidak hanya itu, Enea Bastianini juga resmi diumumkan akan memulai hidup bari sebagai rekan tim Bagnaia di tim berwarna merah ikonik tersebut.

Baca juga: Angkutan Umum Akan Diperbanyak di Wilayah Perkotaan

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by GP Racing Indonesia - GPRI (@gpracingindonesia)

 

"Juara dunia Pecco Bagnaia akan mengungkapkan nomor mana yang akan dijalankan di MotoGP 2023 pada pekan ini. Apakah masih menggunakan #63 atau ikon #1," tulis laman MotoGP.com disitat pada Minggu (22/1/2023).

Diketahui, nomor 63 begitu melekat pada Bagnaia setelah berganti dari nomor 41 saat tampil di ajang 2021 CEV Moto3. Putusan itu dilakukan setelah dirinya tak bisa menggunakan nomor 21 karena sudah dipakai Franco Morbidelli.

Nomor 21, merupakan angka andalan pertamanya ketika memulai berkarir di ajang Grand Prix pada kelas Moto3 di 2013. Pilihan ini karena berdasarkan pebalap idolanya ketika masih kecil yaitu Troy Baylis.

Baca juga: Saran Kemenhub, Hindari Berkendara Malam Hari Lewat Pansela

Valentino Rossi hadir saat Francesco Bagnaia menjadi juara dunia pada MotoGP Valencia 2022Dok. @valeyellow46 Valentino Rossi hadir saat Francesco Bagnaia menjadi juara dunia pada MotoGP Valencia 2022

Tapi setelah empat musim dan promosi ke kelas Moto2 pada 2017, ia kedahuluan dengan Morbidelli sehingga mengganti nomornya menjadi 42. Nomor 42 merupakan penambahan dari 21+21 yang diartikan Pecco telah naik kelas.

Ketika promosi ke MotoGP pada 2019, pembalap Ducati itu lagi-lagi harus menyerahkan nomor 42, karena Alex Rins sudah lebih dulu menggunakan nomor 42.

Hingga pada akhirnya, Bagnaia kemudian memutuskan untuk kembali menambahkan 42 dengan 21 dan memilih nomor 63 untuk balapan di MotoGP hingga saat ini.

Baca juga: Daftar Tiket Bus AKAP Kelas Ekonomi, Mulai Rp 70.000

Nomor tersebut, ternyata membawa keberuntungan tersendiri baginya usai sukses jadi juara dunia MotoGP 2022 mengalahkan Fabio Quartararo. Ia menjadi pebalap pertama asal Italia setelah Valentino Rossi yang menjadi juara dunia MotoGP pada 2009.

Tidak sampai di sana, Bagnaia juga mengakhiri penantian 'puasa' juara dunia Ducati setelah terakhir kali dicetak oleh Casey Stoner pada 2007 silam.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Sumber MotoGP
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.