Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 22/01/2023, 11:01 WIB
|

TANGERANG SELATAN, KOMPAS.com - Mobil matik memang lebih mudah dioperasikan daripada mobil manual. Hal itu dikarenakan mobil matik hanya tersedia dua pedal yaitu rem dan gas.

Berbeda dengan mobil manual yang masih tersedia tiga pedal yaitu kopling, rem dan gas. Maka dari itu, mobil manual bisa terbilang lebih rumit saat digunakan karena pengendara perlu memperhatikan lebih banyak hal.

Berhubung mobil matik hanya tersedia dua pedal, maka bisa dibilang kaki pengemudi lebih santai.

Meski demikian, perlu diketahui bahwa pengoperasian pedal gas dan rem ini bisa dilakukan oleh kedua kaki atau pun satu kaki. Lantas, mana yang benar?

Baca juga: Apakah Mobil Matik Lebih Boros Dibandingkan Manual?

Ilustrasi injakan pedal gas yang pengaruhi besaran angka rpm pada takometer. Kompas.com Ilustrasi injakan pedal gas yang pengaruhi besaran angka rpm pada takometer.

Head of Nissan Academy PT Nissan Motor Indonesia (NMI) Jamaludin mengatakan, pengoperasian pedal pada mobil matik sebaiknya dilakukan oleh satu kaki saja, itu lebih efisien.

“Jika menggunakan dua kaki untuk mengoperasikan pedal pada mobil matik, itu bisa menimbulkan banyak kerugian, perlu diketahui pedal pada mobil matik itu hanya ada gas dan rem, jadi untuk akselerasi dan deselerasi itu pasti dilakukan secara bergantian,” ucap Jamal kepada Kompas.com, Sabtu (21/1/2023).

Dia mengatakan bila akselerasi dan deselerasi dilakukan bersamaan karena imbas dari penggunaan dua kaki untuk masing-masing pedal itu bisa menimbulkan kerusakan pada komponen mobil.

Baca juga: Benarkah Perawatan Mobil Matik Lebih Mahal ketimbang Manual?

Menginjak gas pada mobilPokPak05 Menginjak gas pada mobil

“Seperti kampas rem dan kopling itu lebih cepat aus bila gas dan rem dilakukan bersamaan, bayangkan saja rem selalu aktif padahal mobil sedang akselerasi, itu kampas rem menjadi cepat habis, kampas kopling di dalam transmisi matik juga cepat aus,” ucap Jamal.

Dia mengatakan selain merusak komponen efek samping lainnya juga bisa berimbas karena melakukan hal yang tidak perlu tersebut.

“Dengan menggunakan dua kaki, maka pengemudi berpeluang menginjak pedal padahal kondisi tidak sedang dibutuhkan, misal menginjak pedal rem tidak sengaja padahal mobil sedang melaju itu akan membuat tarikan mesin menjadi berkurang, boros BBM juga,” ucap Jamal.

Baca juga: Posisi Tuas Transmisi Mobil Matik yang Benar Saat Melewati Tanjakan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.