Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Saran Kemenhub, Hindari Berkendara Malam Hari Lewat Pansela

Kompas.com - 22/01/2023, 10:22 WIB

KULON PROGO, KOMPAS.com - Setelah melalui proses pengecekan selama tiga hari, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memastikan jalur Pantai Selatan (Pansela) sudah terhubung dari titik 0 kilometer (km) di Banten hingga Yogyakarta.

Meski demikian, terkait kondisi jalan, kelengkapan fasilitas seperti penerangan, marka, rambu jalan, dan sebagainya memang masih belum terpenuhi dengan baik.

Lantaran itu, Cucu Mulyana, Direktur Lalu Lintas Jalan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat, menyarankan tidak melalui Pansela saat malam hari.

"Kalaupun pengguna jalan saat ini mau menggunakan jalur tersebut (Pansela), ya mugkin disarankan (melewati) siang hari dulu," ucap Cucu kepada media di Kulon Progo, Yogyakarta, Sabtu (21/1/2023).

Baca juga: Kemenhub Kebut Kelengkapan Fasilitas Keselamatan Jalan di Pansela

Salah satu jembatan di jalur Pansela, Jawa BaratKOMPAS.com/STANLY RAVEL Salah satu jembatan di jalur Pansela, Jawa Barat

"Untuk saat ini ya, bila nanti sudah kita pasang perlengkapan jalan, terutama lampu penerangan dan sebagainya, kemudian katakanlah kolaborasi dengan kepolisian, itu bisa kita rekomendasikan untuk digunakan baik siang maupun malam," lanjutnya.

Tak hanya itu, berkaitan soal keselamatan berkendara melewati Pansela, dari pengecekan awal ada ruas jalan yang cukup berisiko untuk dilalui.

Menurut Cucu, antara ruas dari Cilacap sampai dengan Kebumen, khususnya di daerah Ayah, tidak direkomendasikan untuk dilewati. Apalagi digunakan sebagai lintas mudik nantinya.

Berdasarkan pengamatan redaksi setelah melewati bersama rombongan, dimensi ruas jalan pada jalur tersebut memang minim.

Baca juga: Mudik via Pansela Lebih Cocok untuk Perjalanan Santai

 

Parahnya ditambah dengan kontur berkelok yang curam, baik saat menanjak atau turunan, juga beberapa jalan yang berlubang.

Jalan Pantai Selatan (Pansela) Jawa.Dok. Kementerian PUPR. Jalan Pantai Selatan (Pansela) Jawa.

Hal ini harus benar-benar harus dipertimbangkan, apalagi bagi yang membawa mobil dengan dimensi cukup besar seperti medium MPV atau SUV.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.