Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Catat, Syarat yang Mau Jadi Pramugari Bus AKAP

Kompas.com - 17/01/2023, 07:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Pramugari bus antar kota dan provinsi (AKAP) hingga saat ini masih menjadi profesi yang kurang akrab bagi sebagian masyarakat Indonesia. Alasannya, lantaran pramugari masih identik dengan awak kabin pesawat atau kereta.

Perusahaan otobus (PO) yang menyediakan layanan pramugari biasanya hanya untuk bus dengan kelas mewah saja. Contohnya PO Rosalia Indah yang memberikan kenyamanan penumpang kelas premium dengan layanan pramugari.

Jika bus AKAP menggunakan layanan pramugari, susunan awak bus, yaitu dua pengemudi bus dan dan satu pramugari. Jadi, tugas dari kernet digantikan oleh pramugari yang bertugas.

Maka dari itu, menjadi seorang pramugari bus AKAP sangatlah tidak sembarangan, harus wanita yang tangguh dan siap memberikan pelayanan terbaik.

Baca juga: Ulas Interior Honda WR-V, Kabin Lapang untuk Ukuran LSUV


“Biasanya orang mikir bus besar itu dilayani kernet, tapi kita bisa membuktikan bahwa seorang wanita bisa hidup di bus. Kita juga juga tidak sembarangan memberikan pelayanan ini, sehingga pelayanan pramugari dipilih untuk produk premium dengan job desk yang tidak terlalu berat,” kata Adimas Rosdian, Direktur PT Rosalia Indah Transport kepada Kompas.com, Minggu ( 15/1/2023).

Dimas juga mengatakan, untuk menjadi pramugari bus hampir sama seperti pramugari pesawat, yaitu lolos seleksi dengan memenuhi syarat yang telah ditentukan. Serta mengikuti pelatihan pramugari yang diadakan oleh pihak perusahaan.

“Jadi kita punya training center yang kita bentuk sendiri karena memang saya cari lembaga bus belum ada, kalau lembaga penerbangan mungkin ada. Maka dari itu kita bentuk training center, kurikulum dan mata pelajarannya kita buat sendiri,” kata Dimas.


Pada pelatihan tersebut, telah dibuat standar untuk menjadikan SDM yang unggul dalam pelayanan jalur darat yaitu bus AKAP. Kemudian internal perusahaan akan menjadi mentor dalam pelatihan tersebut.

Baca juga: Prediksi Harga Yamaha Grand Filano, Tembus Rp 30 Juta?

Berbeda dengan pelatihan pramugari maskapai penerbangan yang bisa mencapai 5 bulan lebih, untuk pelatihan menjadi pramugari bus AKAP lebih singkat.

Dimas menyebutkan jika pelatihan pramugari bus hanya dua minggu atau satu bulan saja, setelah itu sudah bisa mendapatkan tugas di lapangan untuk menjadi awak bus.

“Sebenarnya untuk jadi pramugari bus syarat utamanya yaitu komunikasi baik, penampilan baik, siap untuk memberikan pelayanan prima kepada pelanggan. Sederhana sebenarnya syaratnya,” kata Dimas.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.