Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apakah Benar Pakai BBM Oktan Tinggi Bisa Tingkatkan Performa Mesin?

Kompas.com - 13/01/2023, 13:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Banyak yang beranggapan bahwa mobil diisi bahan bakar minyak (BBM) oktan tinggi bisa meningkatkan performa mesin. Maka tak jarang pemilik mobil mengisi BBM dengan RON di atas 90 untuk mendapatkan akselerasi maksimal.

Namun, apakah benar semakin tinggi kualitas bahan bakar maka bisa semakin mendongkrak tenaga mesin mobil?

Baca juga: Apakah Aman Membersihkan CVT Motor Matik dengan Bensin?

Ilustrasi pengisian BBM. Harga BBM subsidi dan non-subsidi terbaru yang berlaku Januari 2023.KOMPAS/Adityo Ilustrasi pengisian BBM. Harga BBM subsidi dan non-subsidi terbaru yang berlaku Januari 2023.

Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi, mengatakan secara umum semakin tinggi kualitas bahan bakar maka mesin berpeluang mampu menghasilkan tenaga yang lebih besar.

“Semakin tinggi kualitas bahan bakar memang sepatutnya bisa mendongkrak tenaga mesin, semakin tinggi maka tenaga yang dihasilkan akan semakin besar, namun ada hal yang perlu diperhatikan,” ucap Didi kepada Kompas.com, Jumat (13/1/2023).

Dia mengatakan meski kualitas bahan bakar yang tinggi bisa mendongkrak tenaga, sebaiknya pemilik mobil tetap berpedoman mengikuti anjuran pabrikan.

Baca juga: Cara Hitung Jarak Aman 2 Detik Saat Naik Motor

Antrian pengisian BBM di SPBU SalatigaDOK. Pertamina Antrian pengisian BBM di SPBU Salatiga

“Pasalnya, hasil ledakan pembakaran bahan bakar yang lebih berkualitas bisa menghasilkan panas yang lebih tinggi, jika mesin tidak didesain khusus untuk bahan bakar tersebut maka akan muncul peluang terjadinya kerusakan mesin,” ucap Didi.

Dia juga mengatakan khusus untuk mesin dengan spesifikasi rendah, jenis bahan bakar yang terlalu tinggi memang tidak akan signifikan menghasilkan tenaga lebih.

“Dengan bahan bakar yang lebih berkualitas untuk mesin spesifikasi rendah, kompresinya rendah, peningkatan tenaga tetap ada walau sangat kecil, tidak signifikan, jadi pemilik kendaraan perlu berpikir lagi bila ingin menggunakan bahan bakar yang lebih mahal,” ucap Didi.

Baca juga: Mobil Mesin Diesel Lebih Irit BBM, Mitos atau Fakta?

Puluhan mobil truk mengantre bahan bakar minyak (BBM) jenis solar di stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) Kecamatan Pasarwajo, Kabupaten Buton, Sabtu (17/12/2022).KOMPAS.com/DEFRIATNO NEKE Puluhan mobil truk mengantre bahan bakar minyak (BBM) jenis solar di stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) Kecamatan Pasarwajo, Kabupaten Buton, Sabtu (17/12/2022).

Dia juga mengatakan mesin dengan spesifikasi rendah tidak akan mampu memaksimalkan hasil ledakan campuran bahan bakar berkualitas tinggi dan udara. Sehingga tenaga mesin tidak akan meningkat secara optimal.

Jadi, tingginya kualitas BBM harus diimbangi dengan spesifikasi mesin seperti kompresi mesin yang dihasilkan serta ketahanan komponen terhadap panas yang tinggi. Jika tidak, maka hasil peningkatan tenaga tidak akan optimal dan dapat merusak komponen mesin.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.