Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Begini Cara Mendeteksi Aki Mobil Mulai Bermasalah

Kompas.com - 13/01/2023, 07:12 WIB

SEMARANG,KOMPAS.com – Fungsi aki pada mobil untuk menyalurkan energi listrik ke masing-masing komponen. Maka dari itu kondisinya harus tetap prima, dan selalu di rawat karena kalau tidak dapat menggangu kenyamanan pengendara.

Oleh sebab itu, para pemilik mobil harus tahu bagimana cara merawat aki hingga mengetahui apa saja penyakit yang sering terjadi pada aki. Contoh kerusakan yang terjadi kebanyakan, yaitu voltase drop sehingga susah distarter.

Apabila aki tekor dampaknya sangat merugikan. maka sebelum terlambat, deteksi dini kerusakan aki juga sangat dibutuhkan.

Kepala Bengkel Nasmoco Janti, Yogyakarta Bambang Sri Haryanto mengatakan, ada sejumlah gejala teknis yang terjadi, tetapi memang perlu deteksi khusus. Mudah saja, aki tekor akan terlihat dari cahaya lampu, suara klakson, dan starter awal yang menunjukan gejala aneh.

“Lampu utama, bila cahaya lama-lama turun itu, voltase sudah dibawah 12 V. Pengisian yang normal, tegangan aki di 13,5 volt tanpa beban. Klakson juga, jika memang aki drop, starter yang bisa langsung terasa. Berat dan ada bunyi aneh,” ucap Bambang.

Baca juga: Kenali Penyebab Smart Key Mobil Tidak Berfungsi

Aki tekor selain dikarenakan usia aki yang telah habis alias kadaluarsa, tetapi juga kemungkinan akibat adanya masalah dari komponen pengisian. Gejalanya bisa dikatakan hampir sama, dan kata Bambang, penanganan awal terutama analisa harus dilakukan tepat. 

Dinamo ampere atau alternator dilepas dari mobilKompas.com/Erwin Setiawan Dinamo ampere atau alternator dilepas dari mobil
Dua gejala yang serupa tapi tak sama tersebut, kerap menyebabkan kesalahan. Ada sejumlah kasus yang setelah dilakukan analisa hasilnya menyebutkan masalah hanya aki yang tekor. 

Menurut Bambang, kerusakan sistem pengisian, justru aki sering drop saat mobil berhenti sesudah digunakan. Kebalikan dari aki tekor, karena biasanya masalah terjadi di pagi hari sebelum mesin di starter.

“Kadang-kadang mobil susah starter saat mesin panas. Nah, itu bisa dicatat sebagai tanda kerusakan alternator. Kalau mobil normal, pagi hari, atau mobil berhenti, di starter lagi enggak ada masalah. Ini deteksi akurat pakai voltemeter, tapi dari kasus strater yang sering gagal juga cukup membantu,” tuturnya.

Baca juga: Pakai Kaca Film Berkualitas, Apakah Harus yang Harganya Mahal?

Hal yang sama juga dikatakan Andreas Harjo, Pemilik Menyanan Jaya Raya Aki Semarang. Menurut dia, aki tekor penyebabnya faktor usia, atau ada masalah kelistrikan mobil. Kerusakannya cukup banyak dan kompleks, di antaranya alternator rusak hingga kebocoran arus.

Aki mobil tipe MFKompas.com Aki mobil tipe MF
“Aki kan 3 tahun ganti, jika lebih, ada beberapa masalah. Sering tekor, kepala terminal berkerak akibat air aki overheat. Kalau kebocoran arus biasanya dari audio, instalasi aksesoris kelistrikan juga bisa,” tutur Andreas.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.