Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Begini Cara Mendeteksi Aki Mobil Mulai Bermasalah

SEMARANG,KOMPAS.com – Fungsi aki pada mobil untuk menyalurkan energi listrik ke masing-masing komponen. Maka dari itu kondisinya harus tetap prima, dan selalu di rawat karena kalau tidak dapat menggangu kenyamanan pengendara.

Oleh sebab itu, para pemilik mobil harus tahu bagimana cara merawat aki hingga mengetahui apa saja penyakit yang sering terjadi pada aki. Contoh kerusakan yang terjadi kebanyakan, yaitu voltase drop sehingga susah distarter.

Apabila aki tekor dampaknya sangat merugikan. maka sebelum terlambat, deteksi dini kerusakan aki juga sangat dibutuhkan.

Kepala Bengkel Nasmoco Janti, Yogyakarta Bambang Sri Haryanto mengatakan, ada sejumlah gejala teknis yang terjadi, tetapi memang perlu deteksi khusus. Mudah saja, aki tekor akan terlihat dari cahaya lampu, suara klakson, dan starter awal yang menunjukan gejala aneh.

“Lampu utama, bila cahaya lama-lama turun itu, voltase sudah dibawah 12 V. Pengisian yang normal, tegangan aki di 13,5 volt tanpa beban. Klakson juga, jika memang aki drop, starter yang bisa langsung terasa. Berat dan ada bunyi aneh,” ucap Bambang.

Aki tekor selain dikarenakan usia aki yang telah habis alias kadaluarsa, tetapi juga kemungkinan akibat adanya masalah dari komponen pengisian. Gejalanya bisa dikatakan hampir sama, dan kata Bambang, penanganan awal terutama analisa harus dilakukan tepat. 

Menurut Bambang, kerusakan sistem pengisian, justru aki sering drop saat mobil berhenti sesudah digunakan. Kebalikan dari aki tekor, karena biasanya masalah terjadi di pagi hari sebelum mesin di starter.

“Kadang-kadang mobil susah starter saat mesin panas. Nah, itu bisa dicatat sebagai tanda kerusakan alternator. Kalau mobil normal, pagi hari, atau mobil berhenti, di starter lagi enggak ada masalah. Ini deteksi akurat pakai voltemeter, tapi dari kasus strater yang sering gagal juga cukup membantu,” tuturnya.

Hal yang sama juga dikatakan Andreas Harjo, Pemilik Menyanan Jaya Raya Aki Semarang. Menurut dia, aki tekor penyebabnya faktor usia, atau ada masalah kelistrikan mobil. Kerusakannya cukup banyak dan kompleks, di antaranya alternator rusak hingga kebocoran arus.

https://otomotif.kompas.com/read/2023/01/13/071200615/begini-cara-mendeteksi-aki-mobil-mulai-bermasalah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke