Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Modal Rp 400 Juta Sudah Bisa Punya Motorhome

Kompas.com - 12/01/2023, 16:21 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Tren modifikasi mobil kini kian berkembang di Indonesia dari tahun ke tahun. Bahkan, modifikasi mobil kini menyasar segmen para pecinta petualangan seperti motorhome.

Motorhome merupakan konsep modifikasi yang hampir menyerupai rumah berjalan. Berbeda dengan campervan yang difokuskan untuk berpetualang, bagian kabin dari motorhome justru dirancang senyaman mungkin selayaknya rumah.

Di Indonesia sendiri sudah ada beberapa karoseri yang membuat motorhome dengan berbagai konsep dan juga harga yang variatif.

Baca juga: Jawaban Kemenko Marves Soal Pembangunan Pabrik Tesla di RI

Abdul Rojak, Sales Consultant Karoseri Delima Mandiri mengatakan jika di tempatnya membuka harga sekitar dari Rp 400 juta untuk motor home.

“Bujet karoserinya Rp 400 jutaan. Ini sudah ada awning atau kanopi otomatis, genset, solar panel, AC roof, tempat tidur, sofa, toilet, waterheater, rice cooker, mesin pembuat kopi, mini microwave serta freezer box untu menyimpan makanan dan minuman,” kata Rojak kepada Kompas.com, Kamis (12/1/2023).

Motorhome rakitan karoseri Delima MandiriDelima Mandiri Motorhome rakitan karoseri Delima Mandiri

Rojak menjelaskan, harga tersebut diluar harga sasis yang digunakan. Artinya bujet tersebut hanya untuk biaya modifikasinya saja.

Sementara itu, jika sasis yang akan digunakan dari pihak karoseri, dana yang dibutuhkan untuk pembelian motorhome adalah Rp 800 jutaan.

Baca juga: Waspada Pencurian, Begini Cara Parkir Mobil yang Aman

Melengkapi hal tersebut, Zakia dari tim Delima Mandiri mengatakan jika untuk dana pembuatan motorhome standar, pihaknya punya pilihan sasis dari Isuzu NLR di harga sekitar Rp 400 juta.

Namun dirinya menegaskan, jika untuk biaya secara rinci biasanya disesuaikan kebutuhan dari pelanggan. Sehingga setiap modifikasi motorhome satu sama lainnya tidak sama harganya.

“Hanya saja biasanya di tempat kami suka berikan diskon bundling untuk pelanggan yang beli aksesoris campervan motorhome dalam jumlah banyak,” kata Zakia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.