Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Modal Rp 400 Juta Sudah Bisa Punya Motorhome

JAKARTA, KOMPAS.com - Tren modifikasi mobil kini kian berkembang di Indonesia dari tahun ke tahun. Bahkan, modifikasi mobil kini menyasar segmen para pecinta petualangan seperti motorhome.

Motorhome merupakan konsep modifikasi yang hampir menyerupai rumah berjalan. Berbeda dengan campervan yang difokuskan untuk berpetualang, bagian kabin dari motorhome justru dirancang senyaman mungkin selayaknya rumah.

Di Indonesia sendiri sudah ada beberapa karoseri yang membuat motorhome dengan berbagai konsep dan juga harga yang variatif.

Abdul Rojak, Sales Consultant Karoseri Delima Mandiri mengatakan jika di tempatnya membuka harga sekitar dari Rp 400 juta untuk motor home.

“Bujet karoserinya Rp 400 jutaan. Ini sudah ada awning atau kanopi otomatis, genset, solar panel, AC roof, tempat tidur, sofa, toilet, waterheater, rice cooker, mesin pembuat kopi, mini microwave serta freezer box untu menyimpan makanan dan minuman,” kata Rojak kepada Kompas.com, Kamis (12/1/2023).

Sementara itu, jika sasis yang akan digunakan dari pihak karoseri, dana yang dibutuhkan untuk pembelian motorhome adalah Rp 800 jutaan.

Melengkapi hal tersebut, Zakia dari tim Delima Mandiri mengatakan jika untuk dana pembuatan motorhome standar, pihaknya punya pilihan sasis dari Isuzu NLR di harga sekitar Rp 400 juta.

Namun dirinya menegaskan, jika untuk biaya secara rinci biasanya disesuaikan kebutuhan dari pelanggan. Sehingga setiap modifikasi motorhome satu sama lainnya tidak sama harganya.

“Hanya saja biasanya di tempat kami suka berikan diskon bundling untuk pelanggan yang beli aksesoris campervan motorhome dalam jumlah banyak,” kata Zakia.

https://otomotif.kompas.com/read/2023/01/12/162100415/modal-rp-400-juta-sudah-bisa-punya-motorhome

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke